Pentingnya Foundation dalam Makeup Wajah

Foundation merupakan hal penting yang perlu dalam makeup. Kadang wanita malas menggunkana foundation karena di anggap sulit dalam penggunaannya dan sering membuat wajah terasa berat. Tetapi dengan pemilihan foundation yang tepat dan cara mengaplikasikan yang benar, maka penggunaan foundation tidak lagi rumit dan memakan waktu.

Mengapa perlu foundation untuk menghasilkan tata rias wajah yang sempurna?, beberapa alasan dibawah ini menyebabkan penggunaan foundation atau alas bedak menjadi penting:

1. Meratakan warna kulit.
Warna kulit disekitar wajah sering kali tidak rata dan foundation memegang peranan penting untuk menutupi kekurangan tersebut.

2. Menutupi kekurangan yang ada di wajah.
Flek dan bekas jerawat menimbulkan kesan wajah yang kotor sedangkan pori-pori yang besar menimbulkan kesan wajah yang selalu berminyak dan juga mengakibatkan kulit wajah nampak tak halus. Dengan penggunaan foundation dapat menyamarkan ke tiga hal tersebut.

3. Membuat tekstur wajah lebih halus dan bercahaya.
Dengan pemilihan warna foundation yang tepat dapat memberikan kesan natural dan rona wajah menjadi terlihat lebih cerah. Apabila digunakan pada kulit wajah yang terlihat kusam dan lelah, foundation akan menutupi bayangan gelap sehingga tercipta kesan segar dan bercahaya.

Jenis-jenis Alas Bedak/ Foundation :

  • Foundation cair
    Jenis yang paling banyak digunakan sehari-hari karena merupakan alas bedak yang paling ringan dan dapat digunakan untuk jenis kulit berminyak karena tidak terlalu menutup pori-pori. Hasil akhirnya bisa tipis maupun sedang. Biasanya dibubuhkan dengan menggunakan spons yang dibasahkan atau dengan ujung jari. Dari sekian pengguna, banyak yang memilih menggunakan jari, karena selain lebih praktis, juga panas alami yang ada pada jari memudahkan foundation untuk menyebar lebih rata pada kulit.
  • Foundation Cream
    Jenis ini untuk jenis kulit normal atau kering karena memberikan efek menutupi pori-pori.
  • Foundation Stick
    Alas bedak dalam bentuk batangan ini memang praktis untuk digunakan. Cukup dibubuhkan kemudian diratakan dengan jari tangan. Foundation jenis ini mampu untuk menutup pori lebih tebal dibanding jenis cair. Selain itu, foundation jenis ini umumnya juga mampu untuk sekaligus berfungsi sebagai concealer.
  • Compact Foundation
    Bentuknya padat seperti bentuk bedak padat. Foundation jenis ini menutup pori-pori paling tebal dibanding jenis yang lain. Umumnya dibubuhkan dengan menggunakan spons basah. Jika menggunakan spons kering maka hasilnya akan seperti jika menggunakan bedak biasa. Biasanya digunakan pada acara-acara istimewa di malam hari.

Tips Pemilihan Warna Alas Bedak/ Foundation :

Pemilihan warna dari foundation menentukan hasil akhir riasan. Berikut ini adalah panduan pemilihan warna yang tepat :

Ketika hendak membeli foundation untuk menyempurnakan makeup, jangan pernah memilih warna foundation berdasarkan warna yang ada pada kemasannya akan tetapi berdasarkan kecocokannya dengan warna kulit, dan itu berarti harus dicoba pada kulit wajah.

Pilih warna foundation yang merata dan senada dengan warna kulit karena semakin dekat warna foundation dengan warna kulit semakin alami pula hasil riasan.

Untuk kulit yang gelap, akan sedikit sulit untuk menemukan warna yang benar-benar sesuai. Sebaiknya sesuaikan warna foundation sedekat mungkin dengan warna leher untuk hasil akhir yang alami.

Jangan terlalu tebal menggunakan alas bedak. Kulit wajah yang benar-benar tertutup tanpa pori-pori akan memberikan kesan tidak alami dan kaku, oleskan alas bedak secukupnya sehingga pori-pori wajah masih nampak samar.

Usahakan warna foundation sama atau senada dengan warna bedak. Nuansa warna yang berbeda akan menghasilkan tampilan yang kurang alami.

Tips Tambahan :

Sebelum memakai foundation, pastikan wajah dalam keadaan bersih dari berbagai jenis kotoran seperti minyak, debu atau sisa make up sebelumnya. Hal ini penting karena kotoran yang masih melekat pada wajah akan membuat make up yang diaplikasikan tidak melekat dengan sempurna.

Bersihkan kulit wajah dengan menggunakan susu pembersih atau facial foam lalu beri penyegar untuk mereka yang berkulit normal dan kering. Khusus untuk yang memiliki wajah berminyak, gunakan facial foam khusus untuk wajah berminyak sehingga proses pembersihan menjadi lebih sempurna, setelah itu gunakan juga penyegar.

Selanjutnya tempelkan es batu ke wajah secara perlahan-lahan sampai merata. Hal ini terutama untuk mereka yang kulitnya berminyak karena dapat membuat pori-pori menutup sehingga meminimalisir keluarnya minyak yang berlebihan.

Keringkan wajah dengan handuk lembut, lalu aplikasikan moisturizer/ pelembab pada wajah dan leher secara merata. Pilih moisturizer sesuai dengan jenis kulit. Cara paling tepat menggunakan moisturizer ini adalah dengan mendiamkannya selama beberapa menit agar benar-benar terserap oleh kulit untuk membuat foundation dan bedak menempel sempurna pada wajah.

Leave a comment