Monthly Archives: April 2013

Cara Membentuk Perut Sixpack Lebih Cepat Dengan Langkah Mudah

Ternyata ada cara lebih mudah untuk mendapatkan perut sixpack! Ketahui caranya dengan membaca artikel berikut ini.

Perut sixpack tidak datang begitu saja. Tapi bukan berarti Anda harus melakukan ratusan crunch setiap hari agar perut sixpack segera Anda dapatkan. Tak cukup dengan latihan teratur, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup dan kebiasaan yang akan mendukung pembentukan perut sixpack Anda. 4 kebiasaan berikut ini merupakan kebiasaan baik yang akan membantu Anda memiliki perut sixpack idaman dengan lebih cepat.

Awali Pagi Anda Dengan Air Putih
Minumlah air putih setelah Anda bangun tidur setidaknya 2 gelas air. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 24% untuk 90 menit berikutnya. Terlebih lagi, sel-sel otot tumbuh lebih cepat ketika mereka terhidrasi dengan baik. Konsumsi air yang cukup setiap hari dianjurkan untuk membantu membentuk perut sixpack Anda.

Dapatkan Panduan Membentuk Perut Sixpack Anda di sini!

Gabungkan Protein dan Karbohidrat
Sekalipun karbohidrat dapat disimpan jadi lemak yang bisa menutupi otot perut Anda, karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Jika dipadukan dengan protein, karbohidrat dapat membantu pembentukan otot, terutama jika Anda gabungkan keduanya sebelum dan sesudah latihan. Lebih banyak otot maka lebih banyak lemak yang hilang.

Makan Siang Yang Sehat
Hindari makanan cepat saji dan minuman bersoda. Makanan ini hanya akan membuat lemak Anda bertambah dan menghambat pembentukan perut sixpack Anda. Untuk menu yang lebih sehat Anda bisa mencoba beberapa menu berikut ini:

Sebuah apel dan keju untuk snack pagi Anda.
Konsumsilah karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, pasta gandum, oatmeal, beras merah. Makanan ini mengandung lebih banyak serat dan dapat menunda lapar Anda lebih lama. Dan lengkapi dengan makanan berprotein tinggi seperti, ayam, ikan tuna, kacang-kacangan atau olahan kedelai.
Anda bisa tambahkan protein shake ke dalam snack siang Anda.
Makan siang dengan menu sehat setiap hari akan membuat Anda jauh lebih kenyang dan puas. Selain itu, tubuh Anda juga mendapatkan nutrisi yang cukup untuk beraktivitas.

Tidur Yang cukup
Terapkan kebiasaan tidur yang cukup untuk mendapatkan perut sixpack Anda. Tubuh membutuhkan 7-8 jam tidur untuk fase pembentukan dan pemulihan otot. Penelitian menyebutkan, jika Anda kurang tidur selama 3 hari berturut-turut dapat menyebabkan sel-sel otot Anda menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini menyebabkan penimbunan lemak di sekitar perut Anda dengan memperlambat metabolisme, meningkatkan nafsu makan dan menurunkan jumlah kalori yang terbakar.

Dengan sedikit mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat, Anda bisa mendapatkan perut sixpack dengan lebih cepat dan optimal. Jadi, segera terapkan gaya hidup sehat ini sekarang juga

Berpikir Lemot? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Bukan hanya tubuh yang membutuhkan latihan dan olahraga agar tetap terjaga kebugarannya. Otak Anda pun memiliki kebutuhan yang sama agar proses berpikir bisa lebih cepat dan terjaga tingkat kecerdasannya.
Berikut ini 5 hal yang bisa Anda lakukan agar proses berpikir Anda menjadi lebih cepat dan tidak lemot.

Ekspresikan Karya Seni
Seni adalah sumber latihan yang membantu meningkatkan bagian di otak yang bekerja mengekspresikan diri secara non-verbal. Seni membuat orang jadi kreatif, menggunakan keterampilan motorik halus dan berpikir analitis. Cobalah menggambar atau mendesain sesuatu seperti rumah, kamar, atau hal lain yang berhubungan dengan karya seni.

Jangan Gunakan Kalkulator
Jika perhitungan Anda mudah dan mendasar cobalah untuk tidak menggunakan kalkulator. Gunakan jari atau sempoa tradisional. Ini adalah cara yang sangat umum untuk menjaga otak tetap aktif berpikir.

Rajin Membaca
Membaca artikel, berita atau novel bisa membantu mempelajari istilah-istilah baru yang sebelumnya tidak pernah Anda dengar. Teknik ini akan membantu mempertajam memori dan memperbanyak “perpustakaan” kosakata otak Anda.

Cobalah Multitasking
Mengerjakan banyak pekerjaan sederhana dalam satu waktu (multitasking) juga dapat meningkatkan kemampuan otak seseorang. Meski terkadang membuat orang bingung, namun cara ini terbukti efektif untuk menjaga otak tetap “encer”.

Matikan GPS, Gunakan Peta
Anda sedang bepergian? Sebaiknya matikan dahulu GPS Anda dan bukalah peta tradisional milik Anda. GPS dirancang untuk memudahkan seseorang menemukan lokasi dan membuat orang kehilangan kemampuan berpikirnya. Sedangkan peta dapat membuat Anda tetap berpikir dan berimajinasi selama perjalanan ke tempat tujuan.
Imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga agar fungsi otak Anda tetap terjaga. G

Kurangi Risiko Penyakit Stroke dengan Meditasi!

Menurut penelitian terbaru, meditasi dinyatakan dapat mengurangi risiko mengalami serangan jantung atau serangan stroke.

Para peneliti menemukan bahwa meditasi transcendental, yang dipopulerkan oleh grup musik The Beatles pada era “flower power” di 1960-an, dapat mengurangi risiko serangan jantung. Jenis meditasi ini termasuk membuat suara secara berulang.
Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang mengalami penyakit jantung dan melakukan meditasi ini selama 20 menit dua kali sehari, mengalami penurunan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 48 persen.

Dibandingkan dengan mereka yang menjalani kelas kesehatan selama 5 tahun, meditasi ini terbukti lebih efektif. Tak hanya itu, orang yang melakukan meditasi ini juga mengalami penurunan tekanan darah, termasuk mengurangi tingkat stress dan kemarahan.

“Semakin sering seorang pasien bermeditasi, maka daya tahan tubuh mereka juga akan semakin meningkat,” ujar seorang peneliti dari Medical College of Wisconsin, AS, seperti dikutip Antaranews.com.

Ketua peneliti sekaligus direktur Institute for Natural Medicine and Prevention di Iowa, Robert Schneider, mengatakan tim penelitiannya telah membuat hipotesa bahwa dengan mengelola pikiran serta tubuh dengan baik, erat kaitannya dengan mengurangi penyakit epidemik.

“Meditasi transcendental ini adalah teknik pengobatan dari dalam diri, yang membantu mengobati dan mengelola tubuh dari dalam,” ujar Schneider.

Schneider juga menambahkan bahwa meditasi ini sangat baik untuk kesehatan jantung baik para penderita penyakit jantung, maupun orang yang memiliki jantung yang sehat.

Berpikir Lebih Cepat dengan Meditasi 10 Menit

Masalah dalam kehidupan yang datang silih berganti seringkali membuat kemampuan otak manusia cenderung menurun. Hilangnya kemampuan untuk berkonsentrasi, sering lupa, atau berpikir terlalu lama dalam menghadapi masalah tertentu merupakan beberapa tanda bahwa kemampuan otak Anda telah mengalami penurunan.

Hal ini tidak terlepas dari minimnya waktu untuk merelaksasi otak Anda dari segala permasalahan sehari-hari. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya segera luangkan waktu sejenak untuk keluar dari tekanan dan lakukan meditasi.

Menurut penelitian terbaru duduk tenang dalam kondisi rileks serta merasakan ritme napas Anda sendiri diketahui dapat meningkatkan fungsi otak.

Meditasi secara teratur berperan dalam meningkatkan kinerja otak, memperbaiki kinerja saraf, mempertajam daya pikir, memori, meningkatkan produksi hormon endorfin, dan mengurangi gejala depresi dan stres berkelanjutan.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan otak, meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bermeditasi dapat meningkatkan kemampuan fisik tubuh dengan mengurangi risiko penyakit kronis serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
Menurut ahli saraf dari University of California, Los Angeles, meditasi memiliki manfaat yang cukup unik jika dilakukan secara teratur yakni, otak memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam mengolah sebuah informasi.

Para ahli juga menyampaikan bahwa manfaat meditasi bisa sampai hingga ke lapisan korteks, sebuah bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur tingkat kesadaran, perhatian, memori dan pengambilan keputusan.

Cara Melakukan Meditasi
Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara bermedatisi yang tepat cukup luangkan waktu 10 menit setiap hari dan ikuti panduan meditasi berikut ini.

  • Temukan tempat yang nyaman, teduh, dan hening di sekitar Anda
  • Duduk bersila dan tempatkan kedua pergelangan tangan Anda di atas paha
  • Jaga posisi punggung tegak lurus dengan tanah dan jangan membungkuk
  • Usahakan tubuh Anda benar-benar rileks dan nyaman
  • Pejamkan mata Anda
  • Bersihkan pikiran dari hal-hal membuat Anda stres dan tegang
  • Pikirkan sesuatu yang menyenangkan dan fokuslah di sana
  • Tarik nafas melalui hidung sedalam-dalamnya dengan hitungan 1-5
  • Buang napas perlahan melalui mulut dengan suara mendesis
  • Ulangi teknik bernapas ini sampai Anda benar-benar mencapai ketenangan dalam meditasi

Para ahli meyakini bahwa orang yang melakukan meditasi secara teratur memiliki kemampuan otak yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah menyempatkan diri untuk bermeditasi. So, segera luangkan waktu Anda untuk bermeditasi.

Multivitamin Turunkan Risiko Kanker pada Pria

Suplemen makanan favorit di Amerika, multivitamin, ternyata bisa menurunkan risiko kanker pada dokter pria sehat yang mengonsumsinya selama lebih dari satu dekade. Ini merupakan penelitian besar pertama yang menguji pil multivitamin tersebut.

Hasilnya mengejutkan karena banyak penelitian vitamin sebelumnya telah menemukan bahwa pil-pil ini tidak membantu mencegah penyakit kronis dan beberapa bahkan tampaknya justru meningkatkan risiko kanker.

Dalam penelitian baru, multivitamin mampu memotong kemungkinan mengembangkan kanker sebesar 8 persen. Menurut para ahli kanker, hasil ini masih kurang efektif dibandingkan berolahraga, diet yang baik dan tidak merokok, yang masing-masing bisa menurunkan risiko kanker hingga 20 persen menjadi 30 persen.

Multivitamin juga mungkin memiliki hasil yang berbeda pada wanita, pria muda atau orang-orang yang kurang sehat dibandingkan pria-pria dalam penelitian ini.

“Ini adalah efek yang sangat ringan dan secara pribadi saya tidak yakin itu cukup signifikan untuk merekomendasikan kepada siapa pun, meski menjanjikan,” ungkap Dr. Ernest Hawk, wakil presiden pencegahan kanker di University of Texas MD Anderson Cancer Center dan mantan pejabat National Cancer Institute.

Hawk mereview penelitian ini untuk American Association for Cancer Research, di Anaheim, California, Rabu (17/10) lalu. Penelitian ini juga diterbitkan secara online dalam Journal of American Medical Association.

Sekitar sepertiga orang dewasa Amerika Serikat dan sebanyak setengah dari mereka mengonsumsi lebih dari 50 multivitamin. Multivitamin ini dipasarkan sebagai semacam polis asuransi untuk mencegah pola makan yang buruk.

Dr. J. Michael Gaziano, dari Brigham and Women’s Hospital and VA Boston, yang memimpin penelitian tersebut. Hampir 15.000 dokter pria yang berusia 50 tahun atau lebih tua dan bebas dari kanker berpartisipasi dalam penelitian ini.

Setelah 11 tahun diteliti, ada 2.669 penderita kanker baru, dan beberapa orang menderita kanker lebih dari sekali. Untuk setiap 1.000 orang per tahun dalam penelitian ini, ada 17 penderita kanker diantara pengguna multivitamin dan lebih dari 18 di antara mereka yang mengonsumsi pil plasebo. Bagi yang berolahraga dan meminum vitamin menurunkan risiko 8 persen terkena kanker.

Para ahli kanker mengatakan hasil ini perlu diko

Pemulihan dan Pertumbuhan Otot Lebih Cepat dengan BCAA

Sampai saat ini BCAA masih menjadi perbincangan hangat di dunia suplemen dan di kalangan fitness mania. Banyak orang telah merasakan dan membuktikan manfaatnya. Selain membantu membentuk otot, BCAA juga membantu proses pemulihan Anda menjadi lebih cepat dan kemampuan mengurangi rasa sakit yang efektif.

Berikut ini beberapa tips bagaimana BCAA bekerja membantu tubuh Anda yang disertai beberapa manfaatnya, yaitu:

Pemulihan Lebih Efektif
Untuk mendapatkan otot yang besar dan kuat Anda harus merusak otot melalui latihan yang keras. Lengkapi program latihan Anda dengan pola makan yang cukup nutrisi, kemudian berikan waktu pada tubuh untuk istirahat dan menjalani proses pemulihan agar tubuh otot pun tumbuh lebih besar dan kuat dari sebelumnya. Semakin cepat dan sering Anda melewati proses ini, maka massa otot Anda akan semakin cepat berkembang.

Ketahuilah bahwa faktor paling penting dari proses pemulihan adalah diet Anda. Berikan tubuh Anda asupan protein, lemak, dan karbohidrat yang cukup untuk membangun jaringan otot baru. Lengkapi diet Anda dengan BCAA untuk membantu pemulihan Anda melalui proses yang berbeda. BCAA bertindak seperti molekul-molekul pengirim “sinyal pertumbuhan” yang memerintahkan untuk membangun otot-otot setelah latihan berat. Sekeras apapun latihan Anda, BCAA akan membantu mempercepat proses pemulihan Anda.

Berapa Banyak yang Perlu Dikonsumsi?
Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah BCAA sekitar 40-50 gram per harinya, baik melalui makanan sehari-hari maupun dari suplemen. BCAA termasuk suplemen yang agak mahal untuk beberapa orang, tapi melihat manfaat yang dimilikinya akan sangat sepadan dengan perkembangan tubuh yang akan Anda dapatkan. Namun tentu saja syarat utamanya tetaplah latihan intensif dan pengaturan pola makan yang baik.

Tujuan Anda
Tujuan latihan Anda sangat mempengaruhi suplemen apa yang Anda butuhkan dan pola makan seperti apa yang tepat untuk dijalankan. Pertimbangkan apakah pola latihan dan pola makan Anda membutuhkan suplementasi BCAA untuk membantu membangun massa otot. Jika Anda sedang dalam fase mendapatkan perkembangan otot yang optimal melalui latihan yang intensif, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda melalui makanan sehat dalam jumlah yang memadai, termasuk nutrisi esensial seperti BCAA.

Untuk membantu meningkatkan hasil latihan Anda, maka Anda bisa memilih suplemen BCAA berkualitas dari Ultimate Nutrition, salah satunya adalah produk baru BCAA Softgels yang mudah ditelan dan diserap oleh tubuh Anda.

Pulih Lebih Cepat dengan Multivitamin

Vitamin merupakan nutrisi penting yang harus diserap tubuh agar dapat berfungsi optimal. Diet yang salah merupakan salah satu faktor yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami defisiensi vitamin. Apa saja vitamin yang dibutuhkan tubuh dan bagaimana cara kerja vitamin-vitamin tersebut dalam tubuh? Yuk, kita simak bersama!

Manfaat Vitamin bagi Kesehatan

Setiap vitamin memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Tubuh pun menggunakan vitamin dalam jumlah yang cukup agar mekanisme tubuh tetap berjalan optimal. Berikut manfaat beberapa vitamin yang penting bagi kesehatan.

Vitamin A
Biasa juga disebut dengan retinol yang berguna untuk menjaga kesehatan mata serta menjaga lapisan selaput mukosa dalam tubuh. Vitamin A juga membantu mengubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita.

Vitamin B
Digunakan tubuh untuk membantu memetabolisme lemak, menjaga kadar gula darah, membantu mengurangi nyeri otot dan mendorong pertumbuhan sel-sel otot yang rusak setelah latihan intens.

Vitamin C
Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu antioksidan yang berperan vital dalam menangkal radikal bebas, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh. Bersama kalsium dan vitamin D membantu memperkuat tulang. Terutama bagi Anda yang gemar latihan beban.

Vitamin D
Selain untuk kekebalan tubuh, vitamin yang satu ini juga sangat penting untuk penyerapan kalsium, mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, vitamin D juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kesibukan dan kepadatan aktivitas sehari-hari bisa menurunkan kekebalan tubuh. Karena itu, pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Vitamin E
Inilah vitamin yang telah dikenal untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin E juga memiliki manfaat lain yang tak boleh diabaikan, seperti mempercepat penyembuhan luka, mengurangi nyeri haid sekaligus mencegah sterilitas dan destrofi otot.

Mengapa Perlu Multivitamin?

Multivitamin merupakan suplemen gizi yang terdiri dari berbagai vitamin di atas. Suplementasi multivitamin baik dikonsumsi bagi Anda yang tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup dari pola makan sehari-hari. Multivitamin merupakan suatu formula yang terdiri dari vitamin tunggal, multi atau kombinasi dengan mineral.

Bagaimana Memilih Suplemen Multivitamin yang Baik?

Multivitamin suplemen harus mencakup semua vitamin dan nutrisi penting untuk dosis harian. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan 13 vitamin penting. Untuk menjaga kinerja tubuh tetap baik, seseorang harus memiliki vitamin A, B, C, D, E, K, dan 7 vitamin B kompleks. Sebagian besar vitamin yang diperoleh oleh tubuh berasal dari makanan yang kita makan. Bahaya penyakit atau bahkan kematian dapat terjadi bila kekurangan beberapa vitamin esensial.

Meski multivitamin harian telah terbukti bermanfaat, namun tidak menjamin seseorang bebas dari penyakit serius yang disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Penting untuk mempertimbangkan isi dari suplemen multivitamin sebelum dikonsumsi. Pastikan multivitamin tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Ada beberapa vitamin yang dapat beracun jika terlalu banyak diserap oleh tubuh. Untuk itu, pilihlah multivitamin yang memiliki kualitas terbaik untuk mengoptimalkan kesehatan Anda