Monthly Archives: April 2011

Jogging Atau Olahraga Lari Terbukti Baik Untuk Kesehatan Jantung

Berolahraga merupakan bagian dari pola hidup yang sehat. Banyak pilihan berolahraga, mulai yang murah meriah, seperti jalan cepat, hingga melatih tubuh di pusat kebugaran bergengsi. Namun, sebelum Anda berolahraga, tentu harus memperhatikan kondisi tubuh lebih dulu.

Nah, salah satu olahraga yang bisa dilakukan banyak orang adalah joging. Joging merupakan suatu olahraga aktif fisik seperti lari kecil dengan kecepatan 6-7 mil per jam. Aktivitas joging ini bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan teman dan keluarga untuk menambah semangat.

Tentu Anda harus menggunakan sepatu lari yang baik bagi kaki. “Karena kekenyalan karet yang berkurang berdampak kurang baik bagi kesehatan,” kata dr Michael Tringto, spesialis kedokteran olahraga dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

Bagi orang yang bermasalah dengan sendi lutut, olahraga joging juga bagus dilakukan. Namun, kata Michael, joging harus dilakukan dengan aturan yang tepat, yaitu interval 2,5 menit jalan cepat, lalu setengah menit joging, dan berulang lakukan terus-menerus dengan teratur.

Tak perlu keluar banyak isi kocek karena bisa dilakukan di mana saja. Tapi, kata Michael, jika ingin melakukan joging di dalam ruangan, harus dalam area yang luas. “Joging di lapangan berumput lebih baik karena benturan lutut tidak keras dibanding di jalan aspal.”

Joging pun, menurut Michael, sangat baik untuk jantung, selain jalan cepat. Pasalnya, kedua olahraga ini lebih banyak menggerakkan bagian paha dan tungkai. Lari tidak dianjurkan karena akan memberatkan jantung,” ujar Michael. Dengan menggerakkan paha dan tungkai, menjadikan beban jantung berkurang.

Pembuluh darah yang menyempit di kaki dan tungkai berkat joging menjadi melebar. Yang tertutup oleh lemak menjadi terbuka, serta ada pembentukan pembuluh darah baru, sehingga aliran darah atau kinerja jantung menjadi lancar.

Pembesaran jantung dapat muncul dalam olahraga yang berlebihan. Pembesaran jantung ini sering tak menunjukkan tanda berarti bahkan keluhan sekalipun. “Jika gaya hidup Anda aktif dan masih rutin berolahraga tak masalah. Ini bermasalah jika di masa datang, Anda berhenti berolahraga sama sekali. Akibatnya, jantung yang membesar akan memberi masalah,” ujarnya.

Untuk itu, sebelum memulai olahraga apa pun, Michael meminta agar Anda menghitung denyut nadi di tangan atau di leher. Sebab, kata dia, jantung terbebani atau tidak, tetap harus dipantau, yakni dengan keteraturan denyut nadi. Dan pemantau denyut jantung setiap orang pastinya berbeda. Kapasitas denyut jantung yang baik adalah 60-80 persen.

TIPS
Menurut dr. Michael Triangto, SpKO, tip olahraga yang bagus dan cocok bagi kesehatan tubuh harus mengandung 4D.

1. D-Dapat dilihat hasilnya. Artinya, ketika pertama kali latihan joging, harus dilihat capeknya dengan penuh keringat di wajah. Namun, setelah beberapa kali latihan, terlihat tubuh lebih segar tidak capek.

2. D-Dapat dirasakan perubahannya. Misalnya, ketika di kantor, lift mati, sehingga harus naik tangga hingga lantai tiga tidak membuat capek dan lelah, tapi justru terlihat tetap bugar dan fit.

3. D-Dapat dinikmati karena proses pelaksanaannya nyaman. Misalnya, latihan joging tidak terlalu berat, tapi ketika naik tangga tubuh menjadi lebih kuat. Latihan tidak harus berat dan tak harus ringan, melainkan harus sesuai dengan tingkat kebutuhan, seperti sudah dicontohkan, 60-80 persen sesuai dengan kemampuan, pasti mampu dilakukan dengan happy.

4. D-Dapat diulang di kesempatan lain. Misalnya pagi ini joging selama 45 menit, besok dilakukan lagi dengan rutin dengan jam yang sama. Sebab, olahraga yang baik harus dilakukan dengan teratur dan berkesinambungan. Hasilnya adalah dapat mengurangi beban jantung.

Advertisements

Rahasia Kecantikan Para Putri Bangsawan Dengan Ekstrak Sarang Burung Walet

Produsen makanan dan suplemen kesehatan yang berpusat di Singapura, PT Cerebos Indonesia, hari ini memperkenalkan produk barunya, Brand’s Bird’s Nest. Brand’s Bird’s Nest merupakan produk minuman sarang burung walet dalam kemasan botol yang diklaim dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan kulit perempuan dari dalam tubuh.

“Hari ini kami menjawab kebutuhan perempuan Indonesia akan sebuah produk yang dapat memaksimalkan kesehatan dan keindahan kulit dari dalam tubuh mereka, melalui salah satu produk terbaik kami, Brand’s Bird’s Nest,” ujar Indra Laban, General Manager PT Cerebos Indonesia, saat media briefing di Ballroom Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Jumat (15/4/2011) lalu.

Sejak lebih dari 500 tahun lalu, sarang burung walet secara tradisional dipercaya mengandung banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan keindahan kulit. Efek mendinginkan dari sarang burung walet mencegah kekeringan dalam tubuh, sehingga membantu menjaga kulit awet muda, bebas keriput, dan dengan sendirinya menjaga kulit tetap mulus. Penelitian yang dilakukan sebuah lembaga di Thailand menemukan bahwa sarang burung walet mengandung Glyco Factor yang mampu memperbaiki regenerasi sel dan meningkatkan kolagen kulit.

Produk ini juga mengandung banyak protein dan mineral yang diperlukan tubuh. Kandungannya terdiri atas glycoproteins (protein kompleks plus karbohidrat, 17 asam amino, 3 asam amino esensial, dan 2 asam amino non esensial) dan karbohidrat, serta mineral yang terdiri atas sodium dan kalsium, magnesium, seng, magnese, dan zat besi.

Indra menambahkan, produk ini merupakan ekstrak sarang burung walet dari gua, yang sulit untuk dijangkau. “Namun kami sengaja mengambil sarang langsung dari gua, bukan dari peternakan walet rumahan, karena struktur sarang walet dari gua lebih kuat,” ujar Indra.

Produk ini diproduksi di Thailand menggunakan metode ilmiah untuk membuktikan sarang burung walet yang diterima dari supplier adalah 100 persen sarang burung walet asli dari gua.

Brand’s Bird’s Nest sementara dapat diperoleh di Carrefour, Hero, dan beberapa hipermarket lain. Produk ini tidak dijual eceran, melainkan satu boks yang berisi 6 botol, dengan varian kemasan botol 40 gram dan 70 gram.

Kandungan Gizi dan Manfaat Yang Terdapat Dalam Buah Durian

Kata orang, durian berbahaya karena dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Namun, beruntunglah mereka yang menggemari dan tidak berpantang makan King of Fruits itu. Sebab durian sangatlah bergizi. Buah itu mengandung vitamin B, C, E dan zat besi.

Banyak kegunaan durian untuk kesehatan. Selain mengandung vitamin-vitamin di atas, kegunaan lain durian adalah:

– Ekstrak kulit dan buah dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit.

– Bertentangan dengan kepercayaan populer, durian justru membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

– Durian juga berfungsi sebagai pembersih darah.

– Durian mengandung banyak asam amino triptofan, yang gunanya untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia.

– Makan durian juga menimbulkan rasa bahagia karena buah ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak.

– Durian mengandung banyak protein lembut, yang memungkinkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin membentuk otot.

– Durian juga adalah afrodisiak kelas wahid.

– Juga direkomendasikan sebagai sumber lemak mentah.

Walau punya banyak fungsi, bukan berarti kita harus mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih. Semua ada takarannya. Wanita hamil dan orang yang menderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan durian.

Sebenarnya mengonsumsi 100 gram durian pun sudah cukup. Sebab, dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang kita peroleh.

Jangan Minum Teh atau Susu Kedelai Saat Minum Suplemen Zat Besi

Minum teh memang nikmat. Tetapi minum teh bersamaan saat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau suplemen besi malah kurang memberi manfaat.

“Teh ini menghambat penyerapan besi, makanya jangan minum bersamaan,” ujar Profesor Dr Djajadiman Gatot SpA (K) dalam Seminar Action Iron Deficiency Anemia, di Gedung Prodia, Rabu (13/4).

Karena akan menghambat penyerapan besi itulah, ia menyarankan memberi jarak saat minum teh dengan suplemen besi. Guru Besar Fakultas Kedokteran UI itu menyarankan jarak minum teh dan suplemen besi setidaknya dalam tiga jam. Hal inipun berlaku pada anak-anak balita yang sedang mendapat tambahan suplemen besi.

Selain teh, Dr Djaja juga menjelaskan beberapa jenis makanan yang mengandung fitat, seperti kacang polong dan kacang kedele.

Zat besi banyak terdapat beberapa makanan seperti daging merah, hati, tiram, ikan, susu. Makanan inilah yang dianjurkan untuk menyuplai zat besi di tubuh. Selain itu untuk menyediakan zat besi, dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran.

Pada acara ini Dr Djaja mengemukakan saat ini prevalensi balita (0-5 tahun) di Indonesia mengalami Anemia Defisiensi Besi (ADB) mencapai 45 persen. WHO menyarankan negara dengan prevalensi yang tinggi diperbolehkan untuk memberikan suplementasi besi tanpa uji tapis terlebih dulu. Suplementasi besi bisa mulai diberikan saat anak masih bayi dengan dosis yang ditentukan. Supelementasi pun pun masih bisa diberikan hingga anak mencapai usia remaja.

Kekurangan zat besi sejak di kandungan hingga-2 tahun ini akan mengganggu perkembangan cabang dan sambungan antara sel-sel otak. Selain itu dalam jangka panjang akan menggangu kecerdasan dan perilaku anak.

Daftar 10 Zat Pada Makanan Yang Membuat Manusia Bahagia

Kadang anda tidak menyadari bahwa jenis makanan yang dikonsumi tubuh kita dapat mempengaruhi suasana hati. Makanan apa sajakah itu? Mari kita baca lebih lanjut artikel yang dilansir oleh carefair.com.

Tubuh kita ternyata membutuhkan asam lemak omega 3 yang secara efektir akan mengangkat semangat dan membantu saat kita depresi. Asam lemak ini dapat diperoleh dari ikan seperti salmon, makarel, dan sarden. Namun jika anda tidak dapat mentolerir rasa ikan, asam lemak omega 3 juga terkandung dalam minyak canola, biji rami dan kenari, serta telur.

Zat lain yang diperlukan untuk membuat perasaan bahagia adalah sejumlah vitamin B, namun dua jenis yang paling dominan manfaatnya yaitu B 12 dan folat. Beberapa penelitian, rendahmya tingkat vitamin ini dalam tubuh kita akan meningkatkan potensi depresi. Makanan yang sebaiknya dikonsumi setiap hari untuk memperoleh vitamin B adalah kacang-kacangan, sereal dan oatmeal, daging dan produk susu rendah lemak, buah-buahan segar dan sayuran.

Selain itu, suasana hati juga dipengaruhi oleh vitamin D. Vitamin D ini adalah nutrisi penting meningkatkan jumlah serotonin dalam tubuh, yang merupakan neurotransmitter yang memiliki dampak langsung pada mood Anda. Telur, susu rendah lemak dan ikan dengan tulang adalah semua sumber terbaik vitamin ini. Anda juga dapat meminta dokter Anda tentang kebutuhan Anda untuk suplemen vitamin D, karena sumber makanan yang agak terbatas. Dan menikmati sinar matahari sebanyak yang Anda bisa.

Agar mood anda semakin bahagia, ada baiknya mengendalikan tingkat kadar gula darah kita. Hindarilah mengkonsumsi makanan karbohidrat sederhana seperti kudapan dan cokelat. Karena karbohidrat sederhana tersebut akan menyebabkan gula darah naik dan turun lebih dramatis. Ketika gula darah Anda sering berfluktuasi, suasana hati Anda bisa menjadi lebih volatile juga. Solusi untuk masalah ini adalah makan makanan yang akan menjaga kadar gula darah yang konsisten, seperti biji-bijian dan buah-buahan dan sayuran segar.

Cara Melindungi Anak Dari Pengaruh Buruk Depresi Facebook Syndrome

BERBAGAI situs media sosial yang bermunculan dalam beberapa tahun terakhir, menambah kekhawatiran baru bagi para orangtua. Sejumlah dokter kini memperingatkan suatu gejala yang dikenal dengan istilah ‘Facebook depression,’ yang dapat menimpa anak.

Istilah tersebut merujuk pada kondisi di mana anak terobsesi mengenai tempat mereka di media sosial. Gejalanya sama dengan gejala depresi klasik. Anak-anak dengan rasa harga diri yang rendah, disebutkan paling berisiko mengalaminya.

Beberapa peneliti berbeda pendapat tentang apakah kondisi itu hanya perpanjangan dari depresi yang dirasakan anak dalam keadaan lain, atau kondisi yang berbeda jika dihubungkan dengan penggunaan situs online.

Sejumlah aspek dari Facebook bisa kian memperparah situasi anak yang sudah berurusan dengan masalah harga diri. Lewat update status dan foto-foto berwajah bahagia yang diposting oleh teman-temannya, laman Facebook bisa membuat sejumlah anak merasa kian buruk tentang dirinya dan berpikir dia tidak dikehendaki.

Menurut Dr. Gwenn O’Keeffe, dokter anak dan penulis pedoman media sosial American Academy of Pediatrics (AAP) yang dirilis pada 28 Maret 2011, tekanan yang dihadapi praremaja dan remaja untuk menyesuaikan diri secara online mulai mengkhawatirkan.

”Bagi sejumlah anak praremaja dan remaja, media sosial merupakan cara utama mereka untuk berinteraksi secara sosial, daripada pergi ke mal atau ke rumah teman,” ujarnya seperti dikutip situs aap.org.

Berdasarkan jajak pendapat oleh Common Sense Media pada Agustus 2009, sebanyak 22 persen remaja log on ke situs media sosial favorit mereka lebih dari 10 kali dalam sehari, dan lebih dari setengah remaja log on ke situs media sosial lebih dari sekali dalam sehari. Sebanyak 75 persen remaja sekarang memiliki ponsel pribadi, dan 25 persen di antaranya menggunakan perangkat itu untuk membuka situs media sosial, 54 persen untuk mengirim SMS, dan 24 persen untuk instant messaging.

Pro kontra
Laporan AAP tersebut juga menguraikan efek positif dari media sosial. Keterlibatan di dalam media sosial dan komunikasi online, dapat meningkatkan komunikasi, memfasilitasi interaksi sosial dan membantu mengembangkan keterampilan teknis.

Melalui medium itu, anak praremaja dan remaja dapat menemukan kesempatan terlibat dalam komunitas secara sukarela, dan dapat membentuk rasa identitas kaum muda. Perangkat ini juga bisa menjadi tambahan yang berguna, dan dalam beberapa kasus bahkan menggantikan metode belajar tradisional di kelas.

Akan tetapi, anak praremaja dan remaja memiliki kapasitas yang terbatas untuk mengatur diri dan rentan terhadap tekanan yang mengintai. Mereka dapat terjebak dalam situs dan situasi yang tidak sesuai dengan usia. Sejumlah penelitian menunjukkan, isi beberapa situs media sosial dapat memengaruhi kaum muda untuk terlibat dalam perilaku berisiko. Selain itu, media sosial juga menyediakan tempat untuk cyberbullying dan sexting.

”Beberapa anak muda menemukan iming-iming media sosial sulit untuk ditolak, yang dapat mengganggu pekerjaan rumah, tidur, aktivitas fisik mereka. Orangtua perlu memahami bagaimana anak mereka menggunakan media sosial, sehingga dapat menetapkan batas yang sesuai,” kata Dr. O’Keeffe.

Selain itu, orangtua juga harus mendidik anak-anak mereka tentang bagaimana situs media sosial dapat menangkap informasi pribadi penggunanya. Kaum muda juga dapat membahayakan reputasi dan keselamatan mereka, dengan memposting informasi pribadi yang tidak pantas.

Berikut ini adalah sejumlah cara bagi orangtua untuk melindungi anak-anak mereka dari bahaya media sosial:

1. Menjelaskan kepada anak-anak dan remaja tentang aktivitas online mereka, dan isu-isu khusus yang dihadapi anak-anak saat ini di dunia maya seperti cyberbullying, sexting, dan kesulitan mengatur waktu.

2. Mempelajari lebih jauh tentang teknologi yang banyak digunakan anak-anak saat ini.

3. Mendiskusikan dengan keluarga perlunya memiliki rencana aktivitas online, dengan penekanan pada perilaku sehat.

4. Mengawasi aktivitas online lewat partisipasi dan komunikasi aktif, bukan hanya lewat software pengawasan

Pria Berumur 92 Tahun Asal Inggris Berhasil Memenangi Kejuaraan Dunia Binaraga

Rhianon Howells memiliki tubuh atletis. Dadanya bidang, perutnya rata dan sixpack. Dengan tubuh seperti itu siapa yang menyangka bila Howells sudah berusia 92 tahun.

Pada 2008, Howells masih mengikuti kejuaraan binaraga. Hasilnya sungguh mengejutkan. Pria asal Inggris ini mengalahkan atlet binaraga yang usianya jauh lebih muda.

“Saya sangat tegang. Saya menjadi partisipan tertua yang ikut, rata-rata mereka berumur 20 tahun,” kata Howells seperti dikutip dari Guardian yang dimuat di healthinformations.org, Jumat 8 April 2011.

Tahun lalu, Rhiannon Howells kembali mengikuti kejuaraan binaraga di Jerman. Lagi-lagi, dia mendapatkan nilai tertinggi. Dalam 45 menit, dia bisa melakukan push up 50 kali dan 48 sit up. Bahkan dia bisa push up 70 kali bila mendapat tambahan waktu.

Usia tidak bisa membunuh kecintaan Howells terhadap olahraga. Ketika dia berusia 60 tahun, dia bergabung di klub dayung veteran. Dia ikut berbagai kejuaraan dunia, selama dia bergabung, tim dayungnya mendapat 36 medali emas.

Di usia 85 tahun, dia mulai berlatih binaraga. Awalnya dia merasa jengah dengan tubuhnya yang mulai dilapisi lemak dan berkeriput. “Aku terlihat jelek, aku mulai berpikir kematian. Aku rindu dengan tubuh atletis,” katanya.

Howells kemudian menemui personal trainer. “Dengan meningkatkan bobot, menambah protein, tubuhku berubah. Dadaku mulai membusung, aku memiliki tubuh V dan lenganku kekar. Semua orang mengatakan aku terlihat sangat muda,” katanya.

Howells kini makin percaya diri. Dia yakin tubuh sehat, kekar bukan hanya untuk orang muda. Dia berjanji akan terus olahraga hingga hari kematiannya datang.