Cara Menggunakan Air Beras Untuk Rambut Cantik Dan Kulit Yang Indah

Di beberapa bagian dunia ‘makan’ berarti  makan nasi. Salah satu biji-bijian terpenting, beras adalah makanan pokok bagi hampir setengah dari populasi dunia, memasok sebanyak setengah dari kalori harian.

Tapi, beras  juga merupakan bantuan kecantikan yang luar biasa. Selama berabad-abad, wanita Asia telah menggunakan air beras untuk mempercantik wajah, tubuh, dan rambut mereka. Secara tradisional, petani padi wanita di Cina, Jepang, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya biasa mandi dan mencuci di air yang digunakan untuk membersihkan beras.

Para wanita etnis Yao dari desa Huangluo di Cina adalah bukti tradisi ini. Dengan panjang rambut rata-rata sekitar 6 kaki, para wanita ini berhasil mencapai Guinness Book of World Records sebagai “desa rambut terpanjang di dunia”. Ditambah lagi para wanita ini tidak memiliki rambut beruban sampai akhir 80-an. Para wanita Yao percaya bahwa air beras fermentasi, yang mereka gunakan untuk membersihkan rambut mereka, adalah apa yang membantu menjaga rambut mereka panjang, gelap dan bersih. Air beras memungkinkan para wanita ini untuk mengurai dan mengelola rambut panjang mereka, yang mereka bungkus di sekeliling kepala mereka dalam sanggul besar yang rumit yang sering digambarkan dengan nama-nama seperti ‘roti dewa memandang’ atau ‘roti awan’.

Apa Manfaat Air Padi untuk Rambut dan Kulit?
Air beras bukan obat biasa. Manfaatnya didukung oleh sains modern. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Chemists, ketika Anda menerapkan air beras ke rambut Anda, itu dapat mengurangi gesekan di antara helai rambut serta meningkatkan elastisitas rambut. Ini berarti menyisir dan melepaskan rambut akan jauh lebih mudah, dan kerusakan rambut menjadi bagian dari masa lalu.

Hal lain yang menakjubkan tentang air beras adalah ia mengandung inositol, karbohidrat, yang memperbaiki rambut yang rusak. Teknik pencitraan khusus menunjukkan bahwa inositol tetap di dalam rambut bahkan setelah dibilas, menawarkan perlindungan rambut yang berkelanjutan. Apa yang bisa mengalahkan ini? Adakah penyelamat rambut yang lebih baik yang Anda kenal?

Air beras adalah tonik ajaib untuk rambut Anda, menawarkan perlindungan, meningkatkan pengelolaannya dan membuatnya terlihat cantik. Selain itu, ia juga mengandung asam amino yang memperkuat akar rambut dan menambah volume dan kilau pada rambut Anda. Manfaat luar biasa ini menjelaskan rambut sehat, panjang, dan indah 6 kaki wanita Yao.

Tidak terbatas pada rambut, air beras juga memiliki banyak manfaat kulit. Karena efek mendinginkan dan menyejukkan pada kulit, air beras sering diresepkan oleh praktisi ayurveda sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan kulit yang meradang.

Air beras memiliki sifat pelembab, antioksidan, dan penyembuhan. Semua ini membantu mencegah atau memudarkan bintik-bintik penuaan dan meringankan iritasi kulit untuk memberi Anda kulit yang lembut, halus dan bercahaya.

Selama masih tertinggal di kulit, air beras bahkan dipercaya memberikan perlindungan ringan dari sinar matahari.

Untuk membuat air beras:

rice water

  • ½ cangkir beras mentah (coklat, putih, basmati, gandum panjang, gandum pendek, melati, atau apa pun yang Anda miliki)
  • 2 hingga 3 gelas air

Instruksi:

Untuk membuat air beras, pertama-tama bilas beras dengan sekitar secangkir air untuk menghilangkan kotoran atau kotoran.

Kemudian, tempatkan beras dalam mangkok lalu tambahkan air. Biarkan  beras berendam selama 15 hingga 30 menit. Aduk atau putar ringan sampai air berubah keruh. Ini akan membantu vitamin dan mineral meresap ke dalam air, menciptakan bilas bergizi untuk rambut dan kulit Anda.

Sekarang saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih. Air beras Anda siap digunakan. Ini adalah metode cepat untuk membuat air beras.

Anda dapat menggunakan air ini untuk rambut atau wajah Anda, atau biarkan difermentasi untuk meningkatkan manfaat.

Membuat Air Beras  Fermentasi
Setelah Anda mengambil air beras Anda, biarkan pada suhu kamar selama sehari atau sampai berubah sedikit asam, menyiratkan bahwa itu sudah mulai berfermentasi. Ini bisa memakan waktu 24 hingga 48 jam, tergantung seberapa hangatnya. Jadi suhu ruangan lebih hangat lebih cepat proses fermentasi.

Untuk mengurangi waktu fermentasi, biarkanberas di dalam air dan saring begitu fermentasi. (Biarkan tertutup selama 12 hingga 24 jam.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s