Asam Alpha Lipoic dan Kesehatan Kulit

Asam alpha lipoic secara langsung dikaitkan dengan perawatan kulit sebagai antioksidan utama yang mencegah penuaan dan peradangan. Terkandung dalam banyak merek produk kulit, zat alami metabolik yang kuat ini memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, termasuk produksi energi dalam sel-sel kulit; regenerasi vitamin C dan E; menghambat aktivasi faktor transkripsi NF-kB; pengurangan peradangan sel; stimulasi AP-1, yang membantu merombak kolagen; dan perlindungan kulit dari peradangan radikal bebas, termasuk paparan sinar matahari.

Asam alpha lipoic antioksidan antioksidan sering disebut “antioksidan universal” karena larut dalam air dan lemak. Ini 400 kali lebih kuat dari kombinasi vitamin E dan C. Apa yang mungkin merupakan properti paling berharga dari zat ini adalah kemampuannya untuk menembus permukaan kulit dan membran sel kulit. Akibatnya, asam alfa lipoat bermanfaat baik di dalam maupun di luar sel kulit.

Produksi energi dalam suatu sistem enzim disebut kompleks dehydrogenase quruvate, suatu proses yang menghasilkan energi. Semakin tinggi tingkat energi sel, semakin muda kulit yang tersisa. Dengan cara ini, asam alfa lipoat membantu metabolisme sel selain melindungi kulit terhadap radikal bebas.

Perlindungan Lemak Sehat

Lemak tak jenuh ganda, jenis sehat yang dibutuhkan kulit agar tetap awet muda, dilindungi dari radikal bebas oleh asam alfa lipoat, yang menangkap radikal bebas sebelum mereka memiliki kesempatan untuk memasuki membran plasma sel. Proses ini mencegah pembentukan lemak teroksidasi yang sangat berbahaya yang disebut lipid peroksida, yang merusak DNA dan mengaktifkan NF-kB, kursor proinflamasi ke sitokin, seperti tumor nectosis factor alpha dan interleukin. Jenis kerusakan yang mematikan pada transkripsi DNA ini, atau memungkinkan DNA untuk memberikan instruksi kepada sel, harus dihindari dengan cara apa pun.

Bahan untuk Kosmetik

Asam alpha lipoic juga memiliki kemampuan menghaluskan kulit dengan meningkatkan kapasitas pengelupasannya, atau menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Selain itu, antioksidan kecil yang manjur ini mengatur produksi kelenjar minyak, karena produksi di bawah atau berlebih dapat menyumbat pori-pori. Ini juga membantu dengan mata bengkak dan membantu mengurangi garis dan kerutan. Warna kulit ditingkatkan, dan ukuran pori diminimalkan untuk memberikan kulit tampilan yang lebih halus.

Terakhir, Asam alpha lipoic terbukti mengurangi jaringan parut dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. David Genecdov dari International Craniofacial Institute di Dallas, Texas.

Nicholas Perricone merekomendasikan untuk mengonsumsi asam alfa lipoat secara internal dengan kecepatan 300 miligram per hari dan mengaplikasikannya secara topikal pada wajah dan tubuh. Segudang lotion dan krim kulit tersedia, baik di department store dan di toko makanan kesehatan. Seringkali, krim dan lotion dijual dengan asam alpha lipoic dalam kombinasi dengan vitamin C Ester dan DMAE, suatu neurokimia yang memiliki efek pengetatan pada kulit.

Dalam sel-sel tubuh, asam alfa-lipoat diubah menjadi asam dihydrolipoic. Asam alfa-lipoat tidak sama dengan asam alfa linolenat, yang merupakan asam lemak omega-3 yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Para ilmuwan pertama kali menemukan relevansi asam alfa-lipoat pada 1950-an, dan mengenalinya sebagai antioksidan pada tahun 1988. Menurut University of California di Berkeley’s Wellness Guide to Suplemen Diet, asam alfa-lipoat bertindak sebagai antioksidan hanya ketika ada kelebihan itu dan itu dalam keadaan “bebas” dalam sel. Ada sedikit asam alfa-lipoat gratis yang beredar di tubuh Anda, kecuali jika Anda mengonsumsi suplemen atau mendapat suntikan.

Keuntungan tambahan

Asam alpha lipoic dikatakan untuk mencegah atau mengobati banyak penyakit yang berkaitan dengan usia, termasuk penyakit jantung, stroke, diabetes, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Penelitian tentang asam alfa lipoat baru saja dimulai. Tidak cukup diketahui sekarang untuk merekomendasikan asam alpha lipoic. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang kadar harian yang disarankan dan bagaimana antioksidan ini akan menguntungkan Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s