Manfaat Nori bagi Tubuh

Nori menempati urutan teratas dalam daftar rumput laut dengan profil nutrisi paling sehat. Ini hanya mengandung 35 kalori per 100 gram.

Ini menyusun gula dan lemak dalam persentase rendah, tetapi memiliki kandungan mineral yang tinggi, dan vitamin, dengan sejumlah besar vitamin A, vitamin C, kelompok B-kompleks; dan mineral seperti yodium, mangan, fosfor, dan besi.

Ini adalah salah satu rumput laut paling bergizi dengan kandungan protein yang mudah dicerna dan tersedia secara hayati berkisar antara 10-15 persen.

Nori dan alga merah lainnya mengandung vitamin-A dalam jumlah yang banyak. 100 g segar, nori mentah mengandung sangat mengejutkan 5.202 IU atau 1734% dari tingkat vitamin A yang direkomendasikan setiap hari. Lebih lanjut, vitamin A diperlukan untuk menjaga mukosa dan kulit yang sehat dan sangat penting untuk penglihatan di malam hari. Konsumsi sayuran dan buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A dan flavonoid juga diketahui membantu tubuh melindungi dari kanker paru-paru dan mulut.

Laver (alga merah) juga mengandung banyak vitamin B kompleks seperti vitamin-B6 (pyridoxine) -12% RDA, riboflavin-34% RDA, folat-39% dari RDA, thiamin, dan niacin. Folat dalam diet membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

100 g rumput laut nori segar mengandung 39 mg atau 65% kadar vitamin C harian yang disarankan. Namun, pengeringan dan pemanggangan sangat mengurangi masa simpannya. Vitamin-C adalah antioksidan kuat, yang membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mencari radikal bebas oksigen yang berbahaya.

Ini juga merupakan sumber nabati penting dari EPA (20: 5 n-3, asam eicosapantonoic), asam lemak omega-3.

Rasa khas rumput laut nori dikaitkan dengan sejumlah besar tiga asam amino: alanin, asam glutamat dan glisin.

Rumput Laut untuk Pertumbuhan Rambut

Rumput laut sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Misalnya, menurut “Alive: Canadian Journal of Health & Nutrition,” asam lemak omega-3 memberi makan folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan, dan zat besi dan seng mempertahankan produksi rambut. Kekurangan seng menyebabkan rambut rontok. Selain itu, vitamin A dan C juga diperlukan untuk menghasilkan sebum, yang bertindak sebagai kondisioner rambut alami; vitamin B dan E membantu menjaga kesehatan rambut.

Rumput laut kaya akan Kalsium adalah mineral penting lainnya dalam produksi rambut. Akhirnya, detoksifikasi tubuh dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

5 alasan makan rumput laut
Rumput laut baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik di dalam maupun di luar.

1) boosting  kekebalan tubuh – Rumput laut adalah sumber seng dan antioksidan yang baik dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit dan infeksi.

2) Kesehatan tiroid – karena kandungan yodiumnya yang kaya, rumput laut membantu menjaga fungsi tiroid yang sehat dan dapat membantu menurunkan berat badan.

3) Meningkatkan energi – Rumput laut membantu meningkatkan tingkat energi karena vitamin B dan kandungan zat besinya.

4) Kadar gula darah yang sehat – Rumput laut berharga dalam pengobatan dan pengelolaan gangguan gula darah seperti diabetes, karena merupakan sumber kromium dan protein yang baik, yang membantu menormalkan kadar gula darah.

5) Rambut, kulit, dan kuku yang sehat. Kelimpahan vitamin, mineral, dan asam amino rumput laut menjadikannya makanan yang luar biasa untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Rumput laut juga dianggap memiliki sifat anti-penuaan.

Cara makan rumput laut

Ada banyak jenis rumput laut termasuk rumput laut, nori dan arame. Dapat ditambahkan ke sup, kentang goreng dan salad, atau digunakan untuk gulungan nori.

Seprai rumput laut dapat diparut dan ditambahkan ke salad atau digulung untuk membuat sushi. Dalam bentuk bubuk, dapat ditambahkan ke jus dan smoothie atau ditaburkan di atas makanan.

Penelitian yang dipresentasikan bulan ini di Konferensi Internasional Dead Sea AACR (American Association for Cancer Research) tentang Kemajuan dalam Penelitian Kanker, mengungkapkan bahwa rumput laut coklat mengandung senyawa yang disebut fucoidan, yang membunuh tumor kanker sementara sel-sel sehat tetap utuh.

nori

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s