Cara Tata Rias Wajah Natural

Dalam keseharian, kebanyakan wanita ingin tampil menawan dengan riasan atau make up pada wajahnya. Tidak sedikit juga yang menginginkan kesan natural meski telah mengaplikasikan make up. Untuk itu, penata rias atau make ap artist The Body Shop Indonesia, Apriyandy, memberikan sejumlah tips. “Yang penting dalam make up natural, gunakan warna-warna yang hangat, seperti cokelat atau merah mudah,” ujar Apriyandy dalam Kelas Kecantikan Komunitas Yahoo Indonesia, Sabtu, 26 April 2014. Dan tips lainnya adalah:

1. Alas bedak.
Untuk alas bedak, Anda bisa memilih warna transparan atau satu tingkat lebih muda dari rona wajah. Agar rona wajah tidak jauh berbeda dengan kulit bagian tubuh lain. Dalam pengaplikasiannya, Anda cukup memberikan sedikit alas bedak pada lima titik wajah. “Di dagu, pipi kanan dan kiri, kening, serta hidung,” ujar Apriyandy. Kemudian, ratakan ke seluruh wajah. “Usapkan ke arah atas, agar kulit Anda tetap kencang.” Pada bagian alas bedak, Apriyandy menyarankan penggunaan All in One BB Cream dari The Body Shop. Alasannya, krem warna putih ini dapat berubah sesuai dengan warna kulit Anda. “Kandungan pigmen dalam krem akan melepaskan warna setelah diusapkan ke kulit. Sehingga bisa membaur dengan rona wajah Anda,” ujarnya.

2. Bedak.
Seperti halnya alas bedak, tentukan warna bedak serupa rona kulit. Untuk penggunaannya, usapkan bedak mulai dari dagu, pipi, kemudian kening. “Bedak pun diusap ke arah atas, agar kulit tidak kendur,” ujar dia. Satu hal penting, pakai bedak pada satu sisi wajah dahulu. Setelahnya, lanjut ke sisi sebelah. Ini dilakukan agar bedak terbaur dengan merata. “Jangan lupa usapkan bedak di leher juga. Sehingga warna kulit tak terlihat berbeda.”

3. Perona mata.
Untuk kegiatan harian, seperti pergi kerja atau kuliah, Anda bisa menggunakan warna cokelat dan merah muda. Namun agar tetap terlihat menarik, Anda bisa mengaplikasikan warna putih atau abu-abu yang memiliki efek berkilau, pada kelopak dan bawah alis mata. “Kemudian, usapkan perona mata pink atau cokelat pada kelopak mata,” kata Apriyandy. Di ujung kelopak, baurkan rona gelap, seperti hitam, dengan bentuk huruf C. Fungsinya sebagai penegas warna mata.

4. Perona pipi.
Sebelum menggunakan perona, cobalah tersenyum di depan cermin. Lalu, carilah bagian yang menonjol pada pipi, disebut apple cheek. “Penentuan apple cheek penting untuk mengusapkan perona atau blush on yang sesuai dengan bentuk wajah,” kata dia. Untuk wajah lonjong, Apriyandy melanjutkan, aplikasikan blush on tepat pada apple cheek. Sedangkan perona cerah diusapkan pada bagian apel hingga ke sudut mata luar. “Usapkan pula merona warna gelap seperti cokelat tua pada rahang, untuk menyamarkan kesan tegas,” ujarnya. Sementara Anda yang berwajah bulat, dianjurkan menyapukan pewarna di atas bagian apel menuju bagian mata luar. Jangan pula memberikan pewarna di dekat hidung. “Gunanya agar memberikan kesan tirus.”

5. Lipstik.
Untuk kegiatan harian, Ariyandy menyarankan penggunaan perona bibir jenis matte. Tujuannya agar bisa bertahan lama di bibir. Dan untuk kesan mengkilap, Anda bisa memakai lip gloss. Jika bibir Anda tebal, hindarkan memulas lip bloss di seluruh bibir. Karena akan membuat tampilan mulut lebih tebal. “Sapukan saja sedikit lip gloss di depan bibir,” kata dia.

Wanita Asia tidak banyak yang memiliki hidung mancung bak perempuan Eropa umumnya. Namun Anda bisa menyulap hidung kala merias wajah agar tampak menonjol. Menurut penata rias atau makeup artist dari The Body Shop Indonesia, Apriyandy, kunci dari tampilan hidung mancung adalah shading atau melukis bayang-bayang.

“Untuk shading, pilih warna gelap, seperti cokelat tua,” ujar Apriyandy dalam Kelas Kecantikan Komunitas Yahoo Indonesia, Sabtu, 26 April 2014. “Dan, diusapkan pada kanan-kiri hidung.” Bagi Anda yang memiliki hidung pesek,i dapat dilakukan dari pangkal batang hidung ke cuping. Jadi, sisi kanan-kiri pangkal hidung tampak lebih gelap dan warna terus memudar di bagian cuping. “Tujuannya, guna mengangkat batang hidung yang sebelumnya terlihat tenggelam,” katanya.

Sedangkan perempuan yang memiliki hidung bangir dianjurkan membuat bayang-bayang dari cuping menuju pangkal hidung. Warna lebih gelap di bagian cuping bisa menyamarkan kesan hidung besar. Setelah shading terbentuk, kata Apriyandy, pulas warna putih di atas hidung. “Hal ini untuk menambah kesan hidung mancung,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s