Kulit Pisang Penghilang Lingkar Hitam di Mata

Tak hanya buah pisang saja yang bermanfaat, baik untuk memberikan sumber energi bagi tubuh maupun untuk di jadikan masker pisang untuk kecantikan. Kulit pisangnya pun memberikan manfaat untuk menghilangkan lingkarang hitam dibawah mata. Kulit pisang mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, protein dan lemak.

Di samping itu, kulit pisang juga mengandung air sebesar 68,9 persen, kulit pisang juga mengandung serotonin, protasium dan antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk kulit agar tetap lembut, serta menyembunyikan luka lebih cepat jika digosokkan langsung pada bagian kulit yang terluka.

Rebusan Kulit Pisang. Untuk menghilangkan lingkaran hitam di bagian bawah mata caranya mudah saja. Gosokkan beberapa lembar bagian kulit pisang bagian dalam yang sudah direbus pada bagian bawah mata. Lalu didiamkan beberapa saat, lalau cuci dengan air hangat. Jika cara ini Anda lakukan rutin setiap hari, maka dalm satu bulan hasilnya akan terlihat.

Disamping untuk menghilangkan lingkaran hitam, kulit pisang juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Terkadang luka yang sudah kering terasa gatal karena tertutup serpisan kulit mati yang mengeras. Serpihan tersebut bisa dihilangkan dengan mengoleskan kulit pisang, karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.

Kulit pisang juga berguna untuk mengatasi bercak-vercak hitam agak kasar seperti bekas cacar pada kulit. Caranya, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit yang terdapat bekas cacar. Lalu dibiarkan beberapa saat dan setelah itu di cuci dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin setiap hari maka kulit akan kembali mulus dalm waktu satu bulan.

Gatal-gatal dan nyeri juga bisa di atasi dengan kulit pisang. Caranya cukup dengan menempelkan pada kulit yang terasa gatal. Minyak nabati yang terkandung dalam kulit  pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Caranya, tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.

Meski khasiatnya dikatakan ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, namun manfaat kulit pisang belum dibuktikan secara klinis. Namun, Anda tidak masalah menggunakan perawatan dengan kulit pisang karena kulit pisang merupakan bahan alami yang tidak berbahaya bila digunakan untuk kulit normal. Untuk mereka yang jenis kulitnya sensitif dan mudah iritasi sebaiknya sebelum menggunakan kulit pisang dilakukan tes terlebih dahulu pada tangan. Bila tidak timbul reaksi alergi seperti gatal-gatal atau kemerahan, maka bisa digunakan.

Disamping dengan rebusan kulit pisang, untuk menghilangkan lingkaran gelap di bawah mata Anda bisa menggunakan krim yang mengandung retinol, vitamin K, vitamin C dan vitamin E. Vitamin K dapat mengecilkan pembuluh darah dan retinol dapat membantu memproduksi kolagen. Sebaiknya menghindari kosmetik yang mengandung asam salisilat atau glikolat serta produk beraroma yang membuat alergi dan bengkak memburuk.

Penyebab. Ada beberapa penyebab timbulnya lingkaran hitam di daerah mata, antara lain :

  1. Ketipisan kulit di bawah mata pada setiap orang berbeda-beda dan biasanya disebabkan karena keturunan. Semakin tipis kulit seseorang, maka akan semakin tampak bayang-bayang hitam di bawah mata.
  2. Alergi karena mata gatal. Alergi menyebabkna tubuh mengeluarkan histamin yang membuat pembuluh darah meradang dan jaringan kulit membengkak. Saat gatal ini, orang sering menggaruk kulit di sekitar mata. Hal ini membuat darah terpacu memenuhi pembuluh-pembuluh darah di bawah mata sehingga tampak gelap. Saat menggaruk juga membuat kolagen menjadi rusak. Jika dalam kondisi ini kulit tetap terpapar sinar matahari secara berlebihan membuat kolagen yang rusak tidak membantu apa-apa. Akibatnya, warna kulit di sekitar berubah menjadi kehitaman. Untuk itu, saat alergi dan kulit di sekitar mata sedang gatal, Anda tidak menggososk maupun menggaruk.
  3. Perawatan medis juga bisa memicu munculnya lingkaran hitam. Beberapa perawatan medis menyebabkan pembesaran pembuluh darah dan perubahan aliran darah yang tampak jelas pada kulit dibagian bawah mata.
  4. Kurang tidur atau kelelahan yang berlebihan akan membuat mata bekerja lebih keras sehingga pembuluh-pembuluh darah disekitar mata menjadi lebih aktif dan terlihat sebagai bayang-bayang hitam di bagian bawah mata. Karena itu sebaiknya Anda beristirahat dan tidur yang cukup.
  5. Bertambahnya usia membuat kulit akan kehilangan kolagen sehingga kulit terlihat lebih tipis dan tembus pandang, sehingga bayangan gelap akan semakin nampak. Perawatan meremajakan kulit akan mengurangi lingkarang hitam yang muncul akibat usia.
  6. Kekuarangan zat besi, yang merupakan tipe paling umum dari anemia, bisa menyebabkan bayangan hitam di bawah mata. Umumnya terjadi pada masa kehamilan dan mestruasi, yang mana kulit akan menjadi lebih pucat karena kekurangan zat besi. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di bawah mata akan terlihat lebih jelas sebagai bayangan hitam. Karena itu sebaiknya minum suplemen zat besi atau penambah darah.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s