Dapatkan Wajah Bebas Flek dengan Perawatan Tepat

Klinik Kecantikan dr.Myrna – Vlek hitam atau bercak berwarna gelap kerap muncul pada wajah dan menganggu penampilan. Pasalnya, wajah menjadi terlihat kusam dan menghitam. Ada beberapa penyebab timbulnya vlek hitam, antara lain :

1. Faktor keturunan. Ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan kulit wajahnya cepet memunculkan vlek. Biasanya orang yang berasal dari keturunan ras kauksian seperti pada orang barat memiliki kecenderungan lebih mudah memunculkan vlek, ketimbang orang Asia.

2. Paparan sinar matahari. Sebenarnya di dalam kulit manusia terdapat sel melanosit yang berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari bahaya sinar matahari yang dapat menggangu funsgi dan kesehatan tubuh tersebut. Sel tersebut akan mensintesikan melanin atau pigmen apabila terkena sinar matahari. Melanin ini yang kemudian akan menimbulkan vlek jika kulit terkena paparan sinar matahri secara langsung.

3. Faktor hormonal. Faktor hormonal seseorang ternyata juga mempengaruhi munculnya vlek wajah. Ketidakseimbangan hormon seseorang akan merangsang pembentukan melanin yang tidak seimbang pula, terutama di saat seseorang terkena paparan sinar matahari yg berlebih. Maka tak heran bila orang-orang yang mengalami masalah hormonal seperti ibu hamil, atau ibu-ibu yang menggunakan KB suntik yang mengalami masalah dengan vlek wajah.

4. Jerawat. Jerawat ternyata tak hanya menimbulkan masalah saat muncul di wajah saja. Penangan jerawat yang tidak tepat pun dapat menghasilkan bekas berupa vlek pada wajah. Masalah infeksi dan peradangan akibat jerawat inilah yang kemudian menghasilkan bekas, termasuk juga vlek wajah. Vlek yang terbentuk dilapisan kulit terluar (epidermis) akan terbawa masuk hingga ke lapisan terdalam kulit (dermis). Hal ini yang kemudian menyebabkan sulitnya menghilangkan vlek pada kulit wajah, terutama bila vlek telah berlangsung lama. Bagi Anda yang ingin menghilangkan vlek di wajah, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini :

• Penanganan yang Cepat. Ternyata setelah dua minggu pembentukan pigmen di epidermis, sel kulit makrofak akan membawa sebagian melanin tersebut ke lapisan kulit terdalam atau dermis. Oleh karena itu, jika Anda mengalami vlek akibat bekas jerawat, taupun terkena paparan matahari, segeralah menangani vlek tersebut dengan melakukan perawatan peeling ke dokter langganan Anda, ke klinik atau salon kepercayaan Anda.

• Tidak Boleh Sembarangan. Kebanyakan orang menginginkan hasil yang cepat namun dengan harga yang seminim mungkin. Akhirnya, tak sedikit orang yang kemudian menggunakan krim-krim pencerah secara sembarangan. Padahal penggunaan krim-krim secara sembarangan dapat membuat kulit semakin rusak.

• Perawatan Rutin. Jika Anda memiliki kulit yang sehat terbebas dari vlek-vlek, perawatan wajah secara rutin menjadi hal yang perlu diperhatikan. Perawatan wajah tersebut dapat Anda lakukan sendiri dirumah Anda, seperti :

a) Membersihkan wajah minimal dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas. Kotoran dan debu yang menempel dapat menyebabkan munculnya vlek-vlek pada wajah.

b) Menggunakan tabir surya minimal 30 menit sebelum Anda beraktivitas. Ini penting untuk melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari langsung. Penggunaan tabir surya juga harus diulang selama beberapa kali, tergantung dari kadar SPF (Sun Protection Factor) yang terkandung didalamnya. Jika Anda menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 15, maka Anda harus mengoleskan nya kembali setelah 1,5-2 jam kemudian. Sementara untuk tabir tabir surya yang mengandung SPF 30, hanya perlu diulang setelah 3-4 jam kemudian. Bagi Anda yang memakai tabir surya yang mengandung SPF 60, tabir surya ini dapat berfungsi hingga tujuh jam pemakaian.

c) Penggunaan pelembab sangat diperlukan, untuk melembabkan kulit dan menjaga kekenyalan kulit wajah. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak, gunakanlah pelebab dengan bahan dasar air. Sementara bagi Anda yang memiliki kulit kering pilihlah pelembab yang mengandung bahan dasar minyak atau kaya kandungan lemaknya.

d) Melakukan scrub dan masker minimal satu bulan sekali harus dilakukan bila Anda menginginkan kulit Anda selalu tampak cerah. Karena setiap 28-42 hari kulit mengalami silus pergantian. Lapisan tanduk paling luar pada kulit akan terlepas. Jika sel-sel kulit mati tersebut tak diangkat dengan scrub, akan terjadi penumpukan sel kulit mati. Akibatnya kulit akan terlihat lebih kusam dan tak cerah. Scrub dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Masker berfungsi sebagai untuk merelaksasikan kulit wajah.

• Vitamin C dan E dapat digunakan mengatasi vlek. Vitamin C memiliki tiga fungsi yaitu untuk memperlambat pembentukan melanin, merangsang pembentukan kolagen, yang ketiga pembuluh darahnya menjadi bagus sehingga nutrisi ke kulitnya juga bagus. Sementara vitamin E bgaus untuk mengatasi hiperpigmentasi. Vitamin E berfungsi maksimal jika penggunaannya dikombinasi dengan vitamin C. Pemanfaatan vitamin C dan E ini dapat dilakukan dengan berbagai cara baik itu melalui injeksi, topikal, maupun dengan konsumsi secara langsung lewat makanan.
Tips Cantik.

Setiap perempuan menginginkan kulit wajah yang cantik. Namun pertanyaannya, apa yang sudah Anda lakukan untuk mendapatkan wajah yang cantik? Berikut ini kami berikan beberapa panduan bagi Anda yang menginginkan kulit yang cantik :

– Melakukan perawatan secara rutin menggunakan produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Karena kecantikan bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dengan instan, dibutuhkan ketekunan untuk merawatnya.

– Menkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan ketimbang lemak dan karbohidrat.

– Cukupi konsumsi air putih Anda. Minumlah air putih minimal delapan gelas/hari atau 2 liter sehari. Karena air akan membuat kulit Anda terlihat lembab dan sehat.
– Pola tidur yang cukup, kira-kira 6-8jam sehari. Kurang tidur akan membuat kulit terlihat tak segar dan juga kusam

Advertisements

One response to “Dapatkan Wajah Bebas Flek dengan Perawatan Tepat

  1. Perawatan harus di lakukan secara konsisten , untuk mendapatkan hasil terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s