Brokoli, Bayam dan Buncis Sayuran Penghilang Vlek di Wajah

Bukan rahasia lagi jika sayur-sayuran yang kaya akan kandungan berbagai vitamin dan mineral sangat bagus utnuk kesehatan tubuh. Tak hanya bagus untuk kesehatan, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam dan buncis juga dapat digunakan untuk membantu memudarkan dan melenyapkan vlek hitam di kulit wajah.
Vlek hitam yang hinggap di area wajah lazimnya timbul karena dua faktor. Pertama disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam tubuh. Sedangkan yang kedua disebabkan oleh faktor yang berasal dari luar tubuh. Vlek hitam yang timbul karena faktor dari dalam tubuh bisa terjadi karena faktor keturunan (genetik), bertambahnya usia, penggunaan pil KB, suntik KB ataupun karena penggunaan obat-obatan yang memicu peningkatan hormon didalam tubuh. Semua faktor ini akan memicu terjadinya perubahan kulit yang dapat menimbulkan kelainan-kelainan kulit baru seperti timbulnya vlek hitam di kulit wajah.
Sementara vlek hitam yang timbul karena faktor dari luar tubuh, lazimnya terjadi karena paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet, karena sinar dari layar komputer, pengaruh lampu TL yang terang dan api kompor gas. Tak hanya itu saja, vlek hitam pun bisa timbul karena faktor kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, hidrokinon dan zat warna. Semua zat berbahaya ini akan bereaksi saat terkena paparan sinar matahari. Reaksi ini menyebabkan terjadinya iritasi sehingga terjadi pengelupasan kulit. Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, tentunya kulit yang terus mengelupas ini akan berubah menjadi semakin tipis. Akibatnya, paparan sinar matahari dapat langsung menembus ke dalam lapisan kulit sehingga memicu timbulnya vlek hitam di kulit wajah.

Dilihat dari ilmu akupuntur, vlek hitam lazimnya terjadi karena adanya stagnansi chi (energi) dalam tubuh, terutama di organ lever. Terjadinya stagnansi di organ lever menyebabkan terjadinya penyumbatan peredarah darah ke organ lever. Penyumbatan ini lama-kelamaan akan menyebabkan terjadinya vlek hitam di kulit wajah. Selain stagnansi chi, vlek hitam pun bisa terjadi faktor stagnansi darah. Terjadinya stagnansi darah dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah dalam tubuh. Jika dibiarkan, pembuluh darah ini lama-kelamaan akan menyebabkan terganggunya aliran darah dalam tubuh dan gangguan siklus menstruasi. Lama-kelamaan gangguan ini akan mempengaruhi kondisi kulit yang berujung pada timbulnya vlek hitam.

Sayuran Kaya Serotonin. Kemampuan brokoli, bayam dan buncis, untuk membantu memudarkan dan melenyapkan vlek hitam ternyata diperoleh berkat kandungan beragam vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya. Tengok saja kandungan vitamin C, mineral, air, protein, kolagen dan serotoninnya sangat tinggi. Semua kandungan zat ini ternyata memiliki kemampuan untuk merevitalisasi sel kulit yang sudah mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Dengan kondisi ini tak berlebihan, jika sayur-sayuran ini bisa digunakan untuk membantu memudarkan, membantu melenyapkan vlek hitam.

Tak hanya itu saja, vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam sayur-sayuran saat akan terserap dan dicerna didalam tubuh, tubuh akan memisahkan vitamin dari energi. Selanjutnya, vitamin ini bekerja untuk menggantikan sel-sel kulit tubuh yang telah mati dan menggantinya dengan sel yang baru. Alhasil, kulit wajah dan tubuh pun akan terlihat lebih cerah, dan vlek-vlek hitam dikulit wajah pun lama-kelamaan akan memudar dan lenyap.

Selain itu, vitamin K dan vitamin E yang terkandung di dalam sayur-sayuran seperti brokoli, bayam dan buncis, terjaga juga berkhasiat menjaga kualitas sel-sel tubuh dan memperbaharui sel-sel tubuh yang telah rusak. Dengan demikian, selain dapat melenyapkan vlek hitam dikulit wajah, sayur pun dapat digunakan untuk mencerahkan kulit dan menghambat penuaan dini.
Sayuran untuk Vlek Hitam. Selain sifatnya lebih permanen, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam dan buncis, ini pun tergolong murah dan mudah didapat disekitar Anda. Berikut panduan mengolah sayur-sayuran untuk mengatasi vlek hitam:

Brokoli. Bukan rahasia lagi jika brokoli disebut sebagai sayuran sarat khasiat kesehatan. Pasalnya, kerabat dekat kembang kol (cauliflower) ini kaya akan provitamin A (karotenoid), asam folat dan vitamin C, kalsium potasium, kalium besi dan selenium, glukosinolat, flavonoid dan serat. Dengan segudang nutrisi tersebut, tak heran jika brokoli bisa memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh. Tak hanya menyehatkan tubuh saja, brokoli ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan dan menghambat munculnya noda hitam di wajah. Pasalnya brokoli memiliki kemampuan untuk merevitalisasikan sel kulit yang lama dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.

Untuk melenyapkan dan memudarkan vlek hitam, brokoli bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi masker wajah. Meskipun demikian, agar sayuran ini dapat berfungsi maksimal untuk memudarkan dan melenyapkan vlek hitam, maka sebaiknya sayuran ini dikonsumsi. Pasalnya, semua vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya akan terserap secara sempurna saat dikonsumsi ketimbang dioleskan.

Sebelum mengolah brokoli untuk dikonsumsi langsung, Anda sebaiknya tidak mengolah sayuran ini terlalu lama karena ditakutkan akan merusak kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Oleh karena itu sayuran ini cukup dimasak sebentar saja, sekitar 5 menit. Selain itu, agar brokoli ini tetap hijau dan segar, Anda cukup merebusnya dengan air mendidih yang telah dicampur dengan ½ sdt garam. Sebaiknya sajikan olahan sayur ini dalam keadaan hangat. Untuk meraih hasil maksimal, lakukan hal ini setiap hari. Sebaiknya sajikan olahan sayur ini dalam keadaan hangat. Untuk meraih hasil maksimal, lakukan hal ini setiap hari.

Agar hasilnya lebih bagus, selain mengonsumsi brokoli Anda pun dianjurkan untuk mengoleskan maskernya. Caranya mudah, tumbuk halus 30 gr brokoli yang telah dibersihkan dengan air mengalir. Tambahkan ½ cangkir minyak zaitun dan ¼ cangkir minyak almond yang bisa melembutkan dan dan mencerahkan kulit wajah. Aduk semua bahan hingga merata. Bersihkan kulit wajah Anda sebelum menggunakan masker brokoli. Setelahnya, lumuri kulit wajah Anda dengan masker brokoli yang sudah Anda buat , gunakan secara merata dari kulit wajah hingga leher. Agar efeknya lebih maksimal, ada baiknya Anda melakukan massage ringan dikulit wajah selama 5-7 menit. Setelahnya diamkan masker selama 20 menit lalu bilas dengan air.
Jangka waktu penggunaan masker brokoli ini sangat tergantung pada beberapa berat masalah vlek hitam Anda. Seaindainya masalah vlek hitam Anda berat maka masker brokoli ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. Lain cerita jika masalah vlek hitam Anda tergolong ringan, jika kasusnya seperti maka maka penggunaan masker brokoli ini cukup dilakukan seminggu sekali.

Nah, jika brokoli ini rutin dikonsumsi dan dioleskan maskernya, maka dalam kurun waktu 7-10 hari, vlek hitam akan terlihat samar. Logikanya, semakin lama sayuran ini dikonsumsi dan dioleskan maskernya tentunya akan semakin bagus hasil yang diperoleh.

Selain rutin mengonsumsi brokoli dan mengoleskan maskernya, Anda pun dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, menghindari penggunaan pil KB dan suntik KB hormonal, menghindari menggunakan produk kosmetik yang aneh-aneh serta rutin menggunakan sunblock atau sunscreen dengan kadar SPF 30. Pilih sinblock yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Jika kulit Anda tergolong berminyak, maka pilihlah sunblock berbentuk lotion atau krim.

Karena berasal dari bahan alami maka brokoli tergolong aman bagi siapa saja. Hanya bagi si kulit sensitif dan alergi terhadap brokoli dianjurkan untuk menghindari penggunaannya. Pasalnya, brokoli ditengarai mampu menyebabkan efek samping berupa gatal-gatal hingga kemerahan.

Bayam. Sebagai bagian dari salah satu sayuran berdaun hijau, bayam memiliki kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi yang sangat bagus untuk kesehatan. Namun dibalik kemampuannya menyehatkan tubuh, bayam juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan dan menghilangkan vlek hitam. Kandungan vitamin C, E, K, serotonin, anti oksidan, protein dan seratnya yang tinggi ternyata mampu menggantikan sel kulit yang telah mati dengan sel kulit baru. Dengan mengonsumsi ataupun mengoleskan maskernya, maka kulit Anda akan disulap jadi lebih cerah dan bebas dari masalah vlek hitam.

Agar kandungan vitamin dan mineral dalam bayam tidak rusak, maka bayam bisa diolah menjadi jus bayam. Caranya sederhana, ambil dua ikat kecil bayam, potong kecil-kecil, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Selanjutnya campurkan dengan buah wortel yang telah dipotong kecil-kecil seperti dadu. Campurkan, tambahkan air lalu blender hingga halus. Saring, lalu konsumsi jus bayam plus wortel ini secara langsung.

Jika jus ini Anda konsumsi secara rutin (dua kali sehari), maka dalam kurun waktu 7-10 hari, kulit wajah Anda akan terlihat lebih segar, lebih lembab, dan vlek hitam terlihat lebih samar.
Untuk diolah menjadi masker, Anda cukup mengambil seikat bayam yang sudah dibersihkan kedalam juicer. Setelah jadi, masker bayam digunakan untuk menggosok seluruh bagian wajah disekitar mata, dahi, bibir dan dagu. Lakukan selama lima menit ketika bangun pagi dan malam menjelang tidur, kemudian bilas dengan air dingin. Jika sayuran ini rutin Anda konsumsi dan oleskan maskernya, maka dalam kurun waktu 7-10 hari, vlek hitam akan terlihat samar. Semakin lama sayuran ini dikonsumsi dan dioleskan maskernya tentunya akan semakin bagus hasil yang akan diperoleh.

Karena berasal dari bahan alami, maka sayur ini tergolong aman bagi siapa saja. Hanya bagi si kulit sensitif dan alergi terhadap bayam dianjurkan untuk menghindari penggunaannya. Pasalnya, bayam bisa menyebabkan efek samping berupa gatal-gatal hingga kemerahan.

Buncis. Kandungan protein, mineral, vitamin E, vitamin K dan serotonin dalam sayuran buncis diklaim bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan vlek hitam. Sama hal nya dengan sayur bayam, untuk melenyapkan dan memudarkan vlek hitam, sayur buncis bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi masker wajah. Namun, agar sayuran ini dapat berfungsi maksimal untuk memudarkan dan melenyapkan vlek hitam, maka dianjurkan untuk dikonsumsi secara langsung. Pasalnya, semua vitamin dan mineral yang terkandung didalam buncis akan terserap secara sempurna saat sayur ini dikonsumsi ketimbang dioleskan.
Dalam mengolah buncis sebaiknya tidak terlalu lama, karena dikhawatirkan akan merusak kandungan vitamin dan nutrisi didalamnya. Pengolahannya sederhana, pertama-tama ambil 30 gr buncis segar laludicuci bersih air mengalir. Selanjutnya rebus hingga agak layu lalu diangkat. Selain itu, agar sayuran ini tetap hijau dan segar, Anda cukup merebusnya dengan air mendidih yang telah dicampur dengan ½ sdt garam. Sebaiknya sajikan olahan sayur ini dalam keadaan hangat. Untuk meraih hasil maksimal, lakukan hal ini setiap hari.

Untuk mengolahnya menjadi masker, Anda cukup mengambil 15 potong buncis segar dan mencucinya di air mengalir, lalu dilumat hingga hancur. Selanjutnya, masker ini dioleskan secara merata ke area kulit wajah yang telah dibersihkan. Agar efeknya lebih maksimal, Anda dianjurkan untuk melakukan massage ringan di kulit wajah selama 10-15 menit. Setelahnya diamkan masker selama 10-15 menit lalu bilas dengan air. Bagi Anda yang ingin menggunakan sabun, dianjurkan untuk menggunakan sabun herbal. Oleskan masker ini secara rutin, setelah bangun tidur dan malam sebelum mau tidur.

Jika sayuran ini rutin Anda konsumsi dan oleskan maskernya, maka dalam kurun waktu 7-10 hari, vlek hitam akan terlihat samar. Semakin lama sayuran ini dikonsumsi dan dioleskan maskernya tentunya akan semakin bagus hasil yang akan diperoleh. Karena berasal dari bahan alami, maka sayur ini tergolong aman bagi siapa saja. Hanya saja bagi si kulit sensitif dan alergi terhadap buncis dianjurkan untuk menghindari penggunaannya. Pasalnya pada si kulit sensitif, buncis bisa menyebabkan efek samping berupa gatal=gatal hingga kemerahan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s