Kuku Cantik dengan Perawatan Alami

Kuku adalah bagian tubuh binatang yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.
Perhatikan warna kukumu. Kuku yang sehat, biasanya memiliki warna alami yang cenderung pink, kuat, tidak mudah patah dan tidak mudah mengelupas. Jika kukumu tidak menunjukkan tanda tersebut, tak perlu sedih. Soalnya nggak butuh perawatan mahal untuk memiliki kuku sehat, kok. Cukup dengan mengandalkan beberapa bahan alami berikut ini, kukumu siap tampil cantik.

Lemon
Buat terlebih dahulu satu buah lemon menjadi jus. Ambil satu sdm jus lemon tersebut, tambahkan satu sdm (sendok makan) baking powder, lalu aduk hingga rata. Ambil sedikit campuran tersebut, lalu letakkan setitik kecil pada tiap kuku. Ratakan dan gosok secara perlahan, kemudian bersihkan menggunakan air. Setelah itu jangan lupa mengoleskan pelembap pada jari-jari termasuk kuku disertai pemijatan ringan.

Madu & Telur
Kandungan protein di dalam telur dapat menutrisi kuku sehingga menjadi lebih kuat. Sedangkan madu kaya akan emolin yang bermanfaat melembapkan sekaligus melembutkan kuku. Caranya, masukkan madu dan minyak zaitun sebanyak dua sdm ke dalam panci kecil. Panaskan hingga kedua bahan tersebut tercampur rata, setelah itu diangkat. Tambahkan satu butir telur yang sudah dikocok terlebih dahulu, dan aduk ketiga bahan tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Rendam jemari tangan ke dalam campuran ini selama 10-15 menit. Angkat dan bersihkan dengan air hangat.

Bawang Putih
Senyawa kimia baik yang terkandung dalam bawang putih, dapat membuat kuku terlihat lebih sehat. Ambil dua – tiga siung bawang putih berukuran sedang, cuci bersih kemudian parut hingga halus. Oleskan bawang putih halus ini pada tiap kuku sambil gosok perlahan. Diamkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Blimbing Wuluh
Bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku.
Caranya sukup dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah bilas dengan air bersih.

Perbanyak minum air putih

Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agar Kuku tidak kering.

Minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium

Manfaatnya untuk memperkuat kuku. Seperti Makanan yang terbuat dari susu dan keju, Ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian, Sayuran seperti Brokoli, kangkung, bayam dsb, Buah seperti apel merah, strawbery, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dsb.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk merawat rambut, ternyata juga bisa untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.

Getah Pepaya

Bagus sekali untuk membersihkan kulit di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.

Campuran madu, telur, dan minyak zaitun

Manfaatnya adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Kita yang memiliki kuku yang kering dan kurang nutrisi, gunakan tip ini. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10 – 15 menit, kemudian bersihkan kuku Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s