Tips Mengatasi Rambut Rontok Bagi Muslimah Berjilbab

Banyak wanita mengeluhkan rambutnya menjadi semakin rontok sejak memakai jilbab. Padahal jilbab merupakan identitas bagi wanita Muslim. Menurut dokter, kerusakan dan kerontokan rambut pada wanita berjilbab ini sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara mudah.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wanita berjilbab agar rambutnya tetap sehat. Pertama, berapa lama ia memakai jilbab dalam satu hari. Kedua, apakah setiap hari jilbabnya diganti. Ketiga, bahan jilbab dan ciput seperti apa yang digunakan. Dan keempat, seberapa sering ia terpapar asap polusi,” papar dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSCM, kepada detikHealth dan ditulis pada Kamis (22/8/2013).

Sebagian besar wanita berjilbab yang bekerja menggunakan jilbab hampir selama 12 jam dalam satu hari. Hitungan ini digunakan dr Eddy dalam memperkirakan bahwa ia menggunakan jilbab tersebut mulai dari pagi hingga malam hari saat sampai di rumah. Kondisi ini tentu ‘menutup’ rambut dan menyebabkan rambut menjadi lembab.

Dilanjutkan oleh dr Eddy, jika memang Anda termasuk wanita aktif seperti itu, maka perbaiki kondisi rambut dan cegah rambut rontok dengan cara berikut:

1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang. Bisa dibayangkan jika rambut diikat kencang dan ditutup selama seharian, pasti akan menimbulkan ketombe dan pada akhirnya rambut menjadi rontok.

2. Pilih bahan jilbab yang menyerap keringat seperti katun paris. Hindari penggunaan bahan yang licin terlalu sering seperti sifon.

3. Perhatikan juga bahan ciput yang digunakan, usahakan untuk memakai dengan bahan yang lembut, menyerap keringat, dan jangan terlalu ketat.

4. Konsumsi makanan kaya protein seperti seafood. Penuhi juga asupan vitamin B yang bisa didapat dari sereal gandum, roti, daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jagung manis, beras merah, dan buah-buahan.

5. Usahakan untuk keramas setiap hari. Menurut dr Eddy, kondisi rambut yang seharian tertutup tentu akan lembab dan jika tidak dicuci bisa menyebabkan bau dan menimbulkan ketombe. Pada akhirnya, ketombe akan menyebabkan kerontokan rambut.

6. Meskipun tertutup jilbab, bukan berarti rambut aman dari paparan asap polusi. Tetap hindari sebisa mungkin paparan asap polusi yang terlalu banyak.

7. Ganti jilbab setiap hari. Selain menjaga agar kondisi rambut tetap sehat dan bersih, mengganti jilbab setiap hari juga mengurangi risiko rambut rontok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s