Gejala Rambut Rontok Karena Kekurangan Zat Besi

Rambut yang sering rontok bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Jika berbagai hal sudah dilakukan tapi rambut tetap rontok, bisa jadi kondisi ini akibat kekurangan zat besi.

Umumnya rambut yang rontok adalah bagian normal dari siklus pertumbuhan rambut, normalnya rambut yang rontok sekitar 100 helai per hari dan rambut bisa bertahan rata-rata hingga 4,5 tahun sebelum akhirnya rontok. Tapi jika rambut yang rontok melebihi jumlah tersebut, patut dicari penyebabnya.

Kerontokan rambut bisa terjadi karena berbagai alasan termasuk usia, penyakit alopecia, ketidakseimbangan hormon, stres, kondisi medis, konsumsi obat tertentu atau kekurangan gizi seperti zat besi.

Meskipun dalam beberapa kasus, masalah rambut rontok bisa diatasi dengan menggunakan konsumsi obat-obatan tertentu. Tapi jika disebabkan oleh kekurangan zat besi, maka kondisi ini dapat diperbaiki dengan mengubah gaya hidup atau pola makan.

American Academy of Dermatology mengungkapkan jumlah asupan zat besi yang rendah bisa menyebabkan rambut rontok, ini karena pertumbuhan rambut terhambat sehingga memicu kerontokan, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (31/8/2012).

Normalnya laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 51 tahun membutuhkan asupan zat besi sebanyak 8 mg, sedangkan perempuan berusia 19-51 tahun membutuhkan asupan zat besi 2 kali lipat yaitu 18 mg.

Umumnya jika rambut rontok akibat kekurangan zat besi maka bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi ini seperti daging terutama hati dan daging mrah, oatmeal, kacang kedelai dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan anemia yang dapat memicu terjadinya kelelahan ekstrim, rambut rontok, tubuh lemah, pusing, tubuh terasa dingin dan kesulitan konsentrasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s