Tidur, Cara Ampuh Bakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan

Tahukah anda jika pola hidup yang buruk dapat meningkatkan tingkat stres seseorang? Kafein dan rokok yang seringkali dijadikan pelarian pun ternyata bukanlah jalan keluar. Jika stres melanda, kemungkinan seseorang untuk mengalami kenaikan berat badan juga akan semakin besar. Apakah anda pernah mengalaminya?

Jika berat badan anda semakin beranjak naik tanpa sebab, coba perhatikan pola tidur anda belakangan ini. Apakah jam tidur anda kurang atau malah anda sering kali mengalami susah tidur atau insomnia? Sebaiknya setiap orang memiliki jam tidur per hari, 8 jam untuk orang dewasa dan 12 jam untuk anak-anak. Pola tidur yang baik ternyata memberikan dampak positif terhadap turunnya berat badan lho, anda. Mau tahu ulasannya? Berikut penjelasan mengapa tidur yang baik dan nyenyak penting untuk anda lakukan.

Cukup tidur adalah awal segalanya

Jangan sepelekan aktifitas tidur anda, karena tidur adalah awal dari segalanya. Kurangnya tidur bisa menyebabkan kualitas hidup yang menurun, penampilan tidak fresh, mudah cemas bahkan mengganggu kehidupan seksual anda. Sedangkan dengan pola tidur yang baik, anda justru dapat menghemat energi dan mengurangi berat badan. Bahkan, beberapa pakar menyimpulkan tidur merupakan aktifitas yang lebih dapat membuat bahagia ketimbang berbelanja.

Mengapa harus tidur?

Kurangnya jam tidur menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon yang berpengaruh buruk bagi metabolisme tubuh anda. Jam tidur yang semakin larut, dapat menggoda anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan manis atau asin di malam hari, akibatnya berat badan meningkat, dan stres kembali datang

Tidur memang membakar lemak tubuh

Tahukah anda jika aktifitas tidur memang secara nyata dapat membakar lemak tubuh? Saat tidur tubuh akan memetabolisme karbohidrat sebagai sumber energi. Sedangkan saat anda kurang tidur, maka metabolisme tubuh akan terganggu dan menyebabkan penyimpanan lemak pada tubuh bertambah. Jadi tidur adalah pilihan yang tepat bukan, anda?

Gunakan aktifitas fisik sebagai alasan tidur
Banyak melakukan aktifitas fisik dapat memicu anda untuk tidur lebih nyenyak. anda dapat melakukan aktifitas aerobik seperti berjalan, berlari, menari, bersepeda, berenang, mengangkat beban, yoga dan pilates sebagai pilihan. Jangan lupa juga untuk menambahkan wewangian seperti lavender, di sekitar area kamar untuk membuat tidur lebih nyenyak. anda dapat menggunakan minyak aromaterapi atau menyemprotkan pengharum ruangan, 30 menit sebelum tidur

Penting sebelum tidur

Kesulitan tidur akan terjadi jika memikirkan banyak hal sebelum beranjak ke tempat tidur. Untuk itu, buang jauh-jauh pikiran sebelum menggiring badan ke tempat tidur. Lakukan relaksasi seperti mendengarkan musik bertempo lambat atau sekedar mematikan tv dan lampu kamar untuk memudahkan menutup mata lebih cepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s