Penyebab Gigi Tanggal Pada Anak

Usia anak-anak prasekolah, bisa dikatakan adalah anak-anak sedang sangat aktif, ya, Moms. Si kecil bermain berlarian kesana kemari dan melompat, tidak jarang si kecil cedera, termasuk terbentur hingga giginya tanggal. Nah, bagaimana Moms harus mengatasi situasi seperti ini? Pertama, selain melihat daerah gusinya yang berdarah ataupun gigi yang tanggal, Moms juga harus memperhatikan kemungkinan adanya luka atau memar dibagian tubuh si kecil. Moms juga bisa menanyakan jika si kecil merasakan nyeri dibadannya. Ini penting, loh, Moms, supaya cedera bisa segera diobati dan tidak berdampak yang lebih parah lagi, terutama dibagian kepala.

Segera tangani pendarahan pada gusinya. Ajak si kecil berkumur. Letakkan kain (atau perban) yang sudah dibasahi pada gusinya yang berdarah, tekan sedikit dan tunggu sampai pendarahannya berhenti. Jangan menggosok daerah yang luka, ya, Moms. Es krim ataupun makanan dingin lainnya bisa membantu untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada gusi.

Apakah si kecil harus dibawa ke dokter? Tidak, jika pendarahan segera berhenti dan tidak ada gigi yang rusak. Situasi seperti apa yang mewajibkan Moms membawa si kecil ke dokter? Jika benturan menyebabkan luka disekitar mulut dan benturan mengakibatkan giginya goyang, karena gigi bisa saja lepas dan jika si kecil tidak menyadari, bisa-bisa gigi tersebut tertelan. Gigi yang retak harus ditambal agar tidak patah dan gigi yang patah sebagian juga sebaiknya segera dirawat, pecahan gigi biasanya terasa tajam. Segera periksakan kesehatan si kecil jika luka tidak juga sembuh ataupun terdapat gejala infeksi seperti demam dan pembengkakan yang lebih parah.

Jangan abaikan kesehatan gigi ya, Moms. Memang, sih, gigi anak-anak yang tanggal akan tumbuh lagi tapi jika dibiarkan, bisa mengganggu caranya mengunyah dan berbicara. Kesehatan gigi anak yang tidak terawat juga bisa mengakibatkan kerusakan gigi permanen hingga ia dewasa nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s