Kulit Anda Kering? Jangan Dengarkan Mitos-Mitos Kecantikan Ini!

SETIAP wanita memiliki kondisi kulit yang berbeda. Untuk setiap jenis kulit, terdapat bentuk perawatan yang berbeda pula.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, pasti sudah sering mendengar berbagai tips kecantikan agar dapat mengembalikan kelembaban kulit.

Namun Anda tetap harus jeli terhadap beberapa mitos kecantikan dan perawatan kulit kering berikut ini.

1. Lotion yang lebih kental, lebih ampuh melembabkan kulit

Kenyataan: Tidak benar, sebab lotion yang kental malah dapat membuat kulit tampak lebih gelap akibat terperangkapnya sel kulit mati pada lapisan kulit luar. Oleh karena itu banyak produk kecantikan kini mengeluarkan lotion yang lebih ringan dan berbentuk gel-cream.

2. Saat hari mendung, sunscreen tidak diperlukan

Kenyataan: Walaupun tetap tidak dapat merasakan sinar matahari secara langsung di kulit, sinar UVA tetap akan tetap mempengaruhi kesehatan kulit. Ini tetap akan mempercepat penuaan kulit, jadi sebaiknya jangan berhenti mengenakan sunscreen walaupun cuaca tampak mendung bahkan hujan.

3. Eksfoliasi kulit menyebabkan kekeringan dan warna kulit tidak rata

Kenyataan: Ini hanya akan berlaku jika melakukan eksfoliasi kulit secara berlebihan. Apabila teknik pengelupasan sel kulit mati ini dilakukan sekali atau dua kali seminggu, maka ini sangat baik bagi kulit karena dapat membantu mengoptimalkan peremajaan sel kulit baru dan membantu kosmetik bekerja lebih baik terhadap kulit.

4. Kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab

Kenyataaan: Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab. Namun usahakan agar pelembab tidak mengandung bahan berminyak. Wanita dengan kondisi kulit seperti ini sebaiknya menggunakan lotion yang membantu kulit menjaga kelembaban sekaligus tidak membuat kulit semakin berminyak.

5. Sering mandi membantu melembabkan kulit kering

Kenyataan: Salah besar! Hal ini malah akan membuat kulit kehilangan kandungan air yang baik bagi kulit. Jangan sampai mandi melebihi lima menit dan lebih baik menggunakan air hangat. Jika mandi dengan air di atas 38 derajat, ini akan mempengaruhi aliran darah dalam kulit sehingga menyebabkan kulit kehilangan cairan lebih banyak melalui lapisan kulit terluar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s