Ibu Hamil Merokok, Ini Risiko pada Anaknya

WANITA yang merokok selama kehamilan, meningkatkan resiko diabetes gestasional dan obesitas pada anak perempuan mereka. Diabetes Gestasional adalah jenis diabetes yang berkembang hanya selama kehamilan, dan biasanya menghilang pada saat persalinan, tetapi meningkatkan risiko diabetes pada anak mereka dikemudian hari.

Penelitian ini dilakukan oleh Dr Kristina Mattsson dari Universitas Lund, Swedia, bersama Dr Matius Longnecker dari the National Institute on Environmental Health Sciences, North Carolina.

Dr Mattsson meneliti hubungan antara wanita hamil yang merokok dan kemungkinan putrinya menderita diabetes gestational dan obesitas. Hasilnya, risiko diabetes gestational meningkat sebesar 62 persen di antara anak perempuan yang terpapar asap rokok di rahim ibunya, dan 36 persen lebih cenderung menjadi menderita obesitas.

Efek lain yang dilaporkan dari paparan nikotin prenatal seperti tingkat kematian yang lebih tinggi dan peningkatan gen faktor memicu pembentukan sel-sel lemak (diferensiasi adipocyte), yang terlibat dalam perkembangan diabetes dan obesitas.

Selain itu, penulis menambahkan bahwa ada perubahan epigenetik pada keturunan ibu merokok, yang berarti merokok benar-benar menyebabkan perubahan dalam ekspresi gen pada janin, yang bisa meningkatkan resiko diabetes dan obesitas di kemudian hari.

“Sebagai kesimpulan, data ini menunjukkan bahwa, perempuan yang terpapar asap rokok selama berada di dalam janin, beresiko terkena diabetes gestasional dan obesitas. Hanya ada satu cara untuk mencegah hal ini, yaitu agar para calon ibu tidak merokok selama kehamilan,” kata Dr Mattsson, seperti yang dilansir laman Business Standard,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s