6 Makanan Pencegah Gigi Berlubang

Makanan yang mengandung tinggi serat dan kalsium bisa membantu mencegah kerusakan gigi.

Kerusakan gigi adalah salah satu masalah gigi paling umum yang bisa dialami oleh siapapun tanpa batasan usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Nah, untuk menghindari masalah tersebut, maka Anda harus menggosok gigi secara rutin atau berkumur setelah makan.

Tak hanya itu, anda pun perlu mengonsumsi makanan-makanan yang bisa mencegah gigi berlubang. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Buah yang tidak manis

Pilih buah yang mengandung sedikit gula dan kaya serat. Misalnya, mentimun. Dengan demikian, dapat menghindari masalah gigi berlubang.

2. Sayuran berserat

Wortel dan sayuran berdaun hijau dapat melindungi gigi dari gigi berlubang karena mengandung banyak serat.

3. Kismis

Kismis mengandung senyawa flavonoid dan photopenol yang dapat membantu mengontrol bakteri. Hal ini dapat membantu Anda menghindari bahaya gigi berlubang.

4. Hidangan laut

Seafood, seperti udang dan tiram, sangat kaya akan kalsium. Unsur-unsur yang terkandung dalam makanan laut dapat memperkuat gigi.

5. Mengunyah permen karet bebas gula

Permen karet biasanya dianggap berbahaya bagi kesehatan gigi. Sebaliknya, aktivitas mengunyah bisa menghasilkan asam yang membentuk lapisan pelindung gigi.

6. Daun mint

Mint adalah desinfektan alami. Mengunyah daun mint melindungi dan memperkuat gigi.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan terlalu manis, karena dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s