10 Cara Mudah Mendeteksi Diabetes

DIABETES merupakan penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mengurai glukosa karena tidak dapat memproduksi insulin yang cukup.

Memang sulit mendeteksi gejala diabetes secara kasat mata, namun berikut beberapa tanda-tanda yang patut Anda waspadai karena mungkin saja Anda sudah memiliki gejala diabetes seperti dilansir Genius Beauty:

1. Berat badan mulai turun tanpa sebab yang jelas

Jika merasa bingung karena berat badan terus menurun padahal tidak melakukan diet atau menerapkan pola makan khusus, ini dapat menjadi gejala pertama Anda terserang diabetes. Sebab, tubuh tidak dapat memanfaatkan glukosa secara efektif dan pada akhirnya mengurai lemak menjadi sumber energi.

2. Buang air kecil secara terus-menerus

Sering bolak-balik kamar mandi tanpa alasan yang wajar? Mungkin saja Anda mengalami Polyuria, kondisi yang membuat tubuh mengeluarkan cairan dalam jumlah yang sangat banyak dalam jangka waktu yang sangat dekat.

3. Sering merasa haus

Ketika terus merasa haus, maka itu menandakan tubuh Anda kekurangan cairan. Jika merasakan hal yang sama secara terus menerus, ini bukan lagi kekurangan cairan namun salah satu gejala diabetes. Usahakanlah mengkonsumsi air putih setiap hari agar membantu mencegah gejala ini.

4. Daya pandang mata melemah

Ini dapat terjadi karena tingkat glukosa dalam tubuh meningkat dan akhirnya mempengaruhi kondisi peredaran darah di mata. Hal ini menyebabkan mata menjadi tidak fokus dan seringkali mengalami pandangan kabur.

5. Muncul flek hitam

Noda, flek dan bercak hitam bukan hanya hal yang perlu Anda takuti terkait kecantikan wajah dan tubuh. Namun dalam segi kesehatan, ini menjadi indikasi diabetes karena badan mengalami kekurangan insulin sehingg terus memproduksi pigmen.

6. Mudah merasa lelah

Jika sudah beristirahat dan mendapatkan tidur yang cukup namun tubuh terus merasa lelah, mungkin ini bukan sekedar kelelahan biasa. Periksakan kondisi seger agar gejala ini tidak berlanjut menjadi diabetes.

7. Sering merasa lapar

Polyphagia merupakan salah satu gejala diabetes yang membuat seseorang terus merasa lapar karena insulin menyebabkan tubuh merasa kekurangan makanan. Ketika lapar melanda, sebaiknya Anda mengkonsumi makanan sehat, berserat dan bergizi.

8. Masa penyembuhan luka sangat lama

Ini gejala yang dapat Anda lihat dan amati secara langsung. Ketika luka pada tubuh tak kunjung sembuh setelah diobati, kemungkinan besar ini merupakan gejala diabetes yang perlu diperiksakan segera.

9. Infeksi vagina atau infeksi urin

Ketika glukosa menggumpal, akhirnya ini menyebabkan infeksi berkala. Waspadai jika infeksi ini muncul di daerah vagina atau saluran pipis.

10. Bagian tubuh terasa kebal

Jangan sepelekan kesemutan dan kekebalan pada kulit. Beda cerita jika kita sering duduk dalam posisi tidak nyaman dan mengalami kesemutan, karena ini disebabkan oleh aliran darah yang tidak beredar dengan lancar. Ini juga bukan kekebalan yang Anda rasakan jika digigit serangga. Namun yang dimaksud adalah saat tubuh merasa kebal atau geli tanpa sebab dan sering terjadi secara tiba-tiba.

Kesepuluh gejala ini patut diwaspadai karena mungkin saja mengindikasi berkembangnya penyakit diabetes pada tubuh Anda.

Jika sudah merasakan beberapa dari kesepuluh gejala ini, jangan takut mengunjungi dokter atau rumah sakit agar dapat memeriksakan kondisi kesehatan dan menemukan solusi yang cepat dan efektif agar terhindar dari diabetes.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s