Untuk tidur lebih baik, matikan semua alat elektronik

Cahaya yang dihasilkan oleh peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan bahkan smartphone bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh Anda, ungkap penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature. Jika ingin memperbaiki kualitas tidur, sebaiknya matikan semua alat elektronik Anda beberapa jam sebelum tidur.

Alat-alat elektronik seperti komputer, TV, dan telepon genggam bisa memberikan cahaya yang mengganggu ritme tubuh Anda. Akibatnya, hal ini tak hanya membuat tidur Anda kurang nyenyak tetapi juga memberikan masalah kesehatan. Cahaya buatan mengurangi kualitas tidur dengan melemahkan aktivitas saraf yang bertugas membuat Anda tidur nyenyak. Tak hanya memperlambat aktivitas saraf, cahaya tersebut akan mengaktifkan saraf yang membuat Anda terjaga serta menekan hormon tidur melatonin.

“Teknologi telah mempengaruhi jam tubuh kita. Hal ini menyebabkan kita terus terjaga dan tidur terlambat. Di pagi hari biasanya kita minum kopi untuk membuat kita terbangun lebih awal. Hal ini menekan jam tidur kita,” ungkap Dr Charlez Czeisler dari harvard Medical School, seperti dilansir oleh NY Daily News (23/05).

Czeisler menjelaskan bahwa penurunan jumlah waktu tidur setiap malam meningkatkan risiko penyakit, termasuk obesitas, diabetes, depresi, dan penyakit jantung, serta masalah konsentrasi pada anak-anak.

Sebuah penelitian dari Rensselaer Polytechnic Institute;s Lighting Research Center di Amerika Serikat menemukan bahwa melihat cahaya pada alat elektronik seperti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s