Konsumsi Vitamin D Bagi Ibu Hamil

Sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D selama kehamilan bisa menghambat perkembangan otak bayi, hingga menghambat kemampuan mental dan motoriknya. Hampir sejumlah 2.000 wanna-be-moms pada trimester pertama maupun trimester kedua telah diukur kandungan vitamin D dalam darahnya oleh para peneliti. Kemudian kemampuan mental dan motorik bayinya telah dievaluasi pada usia sekitar 14 bulan.

Para peneliti menemukan bahwa si kecil yang lahir dari Moms yang kekurangan vitamin D, akan memiliki kemampuan intelektual lebih rendah dibandingkan si kecil yang lahir dari Moms yang cukup mendapat asupan vitamin D. Pada penelitian sebelumnya, telah dijelaskan bahwa konsumsi vitamin D yang cukup selama kehamilan dapat mengurangi potensi gangguan bahasa pada si kecil yang berusia 5 hingga 10 tahun.

Meskipun para ahli masih memperdebatkan hasilnya, faktanya Moms tetap direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D setiap hari selama hamil. Vitamin D dapat diperoleh dalam bentuk suplemen maupun dengan mengonsumsi minyak ikan, telur, daging, margarine, maupun sarapan sereal, dan susu. Selain itu, dengan menghabiskan 10 sampai 15 menit di bawah sinar matahari pagi juga dapat meningkatkan kandungan vitamin D dalam tubuh Moms.

Penelitian lain melaporkan bahwa wanna-be-moms dengan kadar vitamin D yang rendah, kelak akan melemahkan sistem kekebalan pada tubuh bayinya hingga meningkatkan risiko asma dan kondisi gangguan pernapasan lainnya, serta risiko penyakit jantung. Menurut hasil penelitian, sekitar 20 persen wanna-be-moms mengalami kekurangan vitamin D dan 32 persen lainnya memiliki tingkat vitamin D yang cukup.

Bagi Moms yang melakukan diet selama kehamilan, disarankan agar berkonsultasi dengan ahli gizi sejak trimester pertama untuk mempertimbangkan asupan suplemen vitamin D. Berdasarkan hasil penelitian lainnya, wanna-be-moms yang mengonsumsi vitamin D dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan yang berhubungan dengan diabetes dan tekanan darah tinggi.

Vitamin D memang berfungsi untuk menjaga tulang dan gigi yang sehat. Pada penelitian sebelumnya menyatakan bahwa vitamin D yang dikonsumsi wanna-be-moms akan berpengaruh pada kesehatan tulang si kecil kelak. Akan tetapi sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan vitamin D pada wanna-be-moms tidak akan mempengaruhi kesehatan tulang anak-anak mereka di kemudian hari.

Namun dibalik segala manfaat vitamin D bagi wanna-be-moms dan janinnya, jika Moms terlalu berlebihan mengonsumsi vitamin D pun dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar kalsium yang terlalu tinggi dalam darah, hingga menyebabkan kerusakan pada ginjal dan saraf, serta irama jantung menjadi abnormal. Walaupun demikian, vitamin D tetap memiliki banyak manfaat bagi wanna-be-moms asalkan dikonsumsi secara tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s