Yuk Minum Susu, Tingkat Konsumsi di Indonesia Terendah di Asia

– Tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia terendah di Asia. Bahkan menurut Dokter Penyuluh Nutrisi PAUD Timur Taman Pintar Joko Pramono, tingkat konsumsi susu masyarakat di Tanah Air lebih rendah dari negara jirannya di Asia Tenggara.

“Indonesia berada di bawah Vietnam dan Filipina,” ujarnya pada kampanye minum susu pada Hari Susu Nusantara yang diselenggarakan Sari Husada dan Pemkot Yogyakarta di Taman Pintar Yogyakarta, Sabtu (1/6).

Kegiatan tersebut diikuti ratusan anak usia pendidikan usia dini (PAUD). Kegiatan ini juga diisi dengan minum susu bersama di Taman Pintar tersebut.

Menurut Joko Pramono, berdasarkan data nasional, konsumsi susu masyarakat Indonesia rata-rata hanya mencapai 12 liter per tahun. Itu artinya kata dia, konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya satu liter per bulan dan hanya sekitar 30 cubic centimeter (cc) per hari.

Susu, paparnya memiliki unsur gizi yang lengkap di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang.

Meski begitu kata dia, tidak berarti bahwa hanya dengan mengonsumsi susu sudah memenuhi kebutuhan tubuh untuk tumbuh dan berkembang, Tubuh juga membutuhkan sayur, buah dan makanan lain dalam jumlah yang seimbang.

Konsumsi susu ideal, ujarnya, berbeda-beda untuk tiap anak berbeda-beda. Takaran itu sangat tergantung dari berat badan dan aktivitas yang dijalani oleh anak-anak.

“Yang perlu diperhatikan, adalah anak-anak sebaiknya rutin mengonsumsi susu setiap hari.

“Selain anak-anak, orang tua juga perlu mengonsumsi susu agar tidak mengalami osteoporosis,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s