Lansia Bisa Mandiri, Ini Rumusnya

Orang yang sudah lansia (lanjut usia) bukan berarti dia tidak bisa apa-apa. Lansia bisa juga mandiri, sehat, senang, terhormat dan masih bermanfaat bagi keluarga dan sekelilingnya.

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran UGM Dr Probosuseno, SpPD, KGer, FINASIM, kemarin, kriteria mandiri secara fisik yakni dapat mengerjakan segala sesuatu sendiri dengan bantuan atau tanpa alat.

Mandiri tanpa alat, misalnya mandi, berpakaian, menyisir, makan, buang air besar, buang air kecil, bergerak di dalam rumah, bergerak di sekitar rumah, berjalan. Sedangkan mandiri dengan memakai alat, antara lain pakai telepon, perjalanan di luar rumah, belanja, memasak dan menyiapkan makanan, membersihkan rumah, mencuci, melakukan pekerjaan tangan, menjalankan pengobatan sendiri, mengatur keuangan sendiri, membaca, dan menulis.

Lebih lanjut Probo mengatakan agar lansia mandiri, baik jasmani, rohani, sosial, dan ekonomi. “Maka hal itu harus disiapkan latihan luar-dalam sejak pralansia dengan menerapkan rumus “Jogja”.

Rumus “Jogja” agar lansia mandiri adalah J (Jaga Kebersihan, baik kebersihan diri dan lingkungan, Jaga stres, Jangan terforsir atau tidur cukup); O (Olahraga dan rasa berupa seni/hobi yang positif); G (Gizi seimbang, Gaul dengan orang baik yakni pribadinya bagus, kreatif dan inovatif serta Gak Boros).

Rumus berikutnya adalah J (Jangan memiliki risiko penyakit jantung koroner dan stroke dengan mengendalikan tekanan darah tinggi, kencing manis, kolesterol, konsumsi garam dibatasi, tidak merokok, tidak stres, rajin olahraga, jangan lupa kontrol kesehatan dan imunisasi); A (Agama 24 jam yakni banyak sembahyang, berdoa, berdzikir, berserah diri, syukur, sabar, silaturahmi, puasa dan sedekah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s