Cara Mudah Menjadi Cerdas

Apa itu pintar? Beberapa orang menilai kecerdasan dengan tolak ukur standar seperti nilai ujian dan IPK rata-rata. Orang lainnya berpikir akal sehat, kemampuan memecahkan masalah sedikit mendefinisikan intelegensi. IPK telah terbukti tidak benar-benar merupakan indikator intelijensi.
Kita bisa sepakat otak manusia adalah kunci untuk semuanya. Otak memiliki kapasitas yang besar untuk beradaptasi dan tumbuh. Jaringan saraf akan memperluas dan memperkuat melalui pengalaman belajar. Rangsangan membuat otak lebih kuat dan lebih penting.
Penguatan daya otak mempengaruhi kecerdasan standar, dari jalan cerdas dengan skor pengujian. Berikut adalah lima cara meningkatkan kapasitas otak Anda dan mendapatkan kecerdasan:

1. Merawat Tubuh Anda
Setiap jaringan dalam tubuh manusia, terhubung satu dengan yang lainnya. Sehingga Anda tidak bisa mengurus satu bagian, tanpa manfaat beberapa bagian lainnya. Latihan fisik yang baik penting bagi kesehatan, baik tubuh dan otak kita. Hal tersebut, cukup untuk meningkatkan aliran darah Anda baik itu oksigen dan glukosa ke dalam otak. Dengan berolahraga, berarti Anda juga memerangi gaya hidup, salah satunya merangsang perkembangaan mental.

Makanan juga penting. Ada banyak makanan yang dikaitkan dengan kesehatan otak, termasuk minyak ikan, telur, protein dan sayuran hijau. Teh hijau, teh herbal dan kacang-kacangan juga baik sebagai asupan atau “makanan otak.” Makan yang baik, cukup tidur dan cukup berolah raga, baik mental maupun fisik, adalah kunci untuk meningkatkan memori dan fungsi otak secara keseluruhan.

2. Cukup Beristirahat
Berolah raga, baik untuk otak besar dan diperlukan untuk membantu meningkatkan fungsi otak sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak kecerdasan. Tapi bagaimana dengan tidur? Tidak banyak yang diketahui tentang tidur. Tapi kita semua sekarang mengetahui para ilmuwan selama bertahun-tahun dengan keyakinan yang salah menyatakan bahwa otak melakukan istirahat selama kita tidur untuk mengisi ulang. Penelitian sekarang, justru menunjukkan bahwa otak benar-benar dapat melakukan sesuatu selama tidur.
Tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus. Hal ni memang berbeda dari setiap orang, tetapi antara enam dan delapan jam tidur untuk orang dewasa umumnya direkomendasikan.

3. Menelan Bakteri
Pada bulan Juni 2010, peneliti di Sage Colleges mempresentasikan temuan yang menunjukkan jenis bakteri yang biasa ditemukan di tanah membuat tikus menjadi pintar. Tikus yang diberikan Mycobacterium vaccae, berindikasi lebih baik dalam tes labirin dan menunjukkan sedikit tanda-tanda kecemasan dan tingkat serotonin yang lebih tinggi di otak depan, suatu daerah yang membutuhkan perawatan berpikir tingkat tinggi.

Bakteri ini, tampaknya merangsang pertumbuhan neuron juga. Bukan berarti bahwa kita harus mulai menelan mentah-mentah bakteri tersebut dari tanah. Anda cukup melakukan hal-hal atau pekerjaan seperti; berkebun dan bahkan dengan hanya berjalan-jalan di hutan.

4. Latihlah Otak Anda
Otak, seperti halnya juga tubuh, perlu olahraga teratur untuk mempertahankan kekuatan dan vitalitas. Beberapa latihan penguatan otak yang lebih umum termasuk kegiatan yang menyenangkan seperti teka-teki silang, Sudoku, dan permainan asah kata dan lainnya. Ada cara yang lebih akademik lainnya juga, seperti menyelesaikan masalah matematika dan latihan yang berkaitan dengan hubungan spasial dan geometri.
Bahkan hanya dengan mempelajari geometri, akan memberikan otak Anda latihan sedikit. Jika gagasan-gagasan ini sedikit terlalu ilmiah bagi Anda, cobalah hal-hal sederhana seperti mencampur rutinitas Anda. Hanya menyikat gigi dengan tangan berlawanan atau berjalan dengan cara yang berbeda dapat memaksa otak Anda untuk bekerja lebih keras dari biasanya.

5. Meditasi
Selama ribuan tahun, kita sudah tahu manfaat meditasi. Praktek meditasi dapat berbeda untuk setiap orang, tapi umumnya melibatkan ketenangan. latihan pernapasan, dapat pula mencapai ketenangan mental. Scan FMRI telah mengungkapkan bahwa dengan melakukan meditasi teratur dapat mempengaruhi struktur yang sebenarnya dari otak.

Para peneliti percaya memori, fungsi, perhatian dan fokus semua manfaat dari meditasi. Satu studi menunjukkan bahwa meditasi setiap hari secara teratur bahkan dapat meningkatkan ukuran bagian-bagian dari korteks serebral. Tak heran, beberapa perusahaan terkemuka dan terdepan di dunia menawarkan kelas meditasi bagi karyawan mereka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s