Cara Atasi Jetlag

Setelah penerbangan jarak jauh, biasanya butuh waktu lima hari untuk merasa normal kembali. Fenomena yang biasa disebut jetlag ini antara lain ditunjukkan dengan rasa mengantuk pada siang hari, insomnia pada malam, kehilangan nafsu makan, dan otak kurang koordinasi.

Jetlag mengganggu ritme normal jam tubuh internal yang mengatur tidur dan bangun. The Guardian melaporkan jam tersebut dikendalikan sel-sel otak, suprachiasmatic nucleus hitalamus. Mereka dikendalikan cahaya terang dan gelap serta melatonin yang diproduksi saat gelap dan mengontrol suhu tubuh ketika tidur.
Penelitian dari Cochrane Collaboration mengungkapkan obat melatonin dapat diambil untuk mengurangi jetlag ketika melintasi dua atau lebih zona waktu. Dengan 0,5 sampai 5 mg melatonin yang diminum setiap hari pada saat akan tidur, dapat membantu orang mendapatkan tidur lebih cepat dan lebih baik. Serta mengurangi rasa kantuk pada siang hari.

Namun, obat melatonin tidak aman untuk semua orang. Pengidap epilepsi seharusnya tidak minum obat tersebut. Sementara, obat tidur yang biasa digunakan untuk mengembalikan ritme tidur belum terbukti bisa mengatasi jetlag.
Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur di pesawat juga tidak membantu mengurangi jetlag.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s