Tips Cegah Demam Berdarah

Musim hujan datang, nyamuk senang. Kesenangan nyamuk tersebut bisa menjadi kerugian bagi manusia. Banyaknya kaleng atau kotak bekas yang tergenang air membikin perkembangan nyamuk, terutama Aides Aegepty menjadi cepat. Hal ini beresiko mendatangkan penyakit Demam Berdarah bagi orang yang kena gigitan nyamuk tersebut.

Ungkapan mencegah lebih baik daripada mengobati, dalam realitas kontemporer adalah tepat. Sebab, selain dekat dengan kematian, terkena penyakit ini bakal membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam ketika berobat ke rumah sakit. Belum lagi harus menebus obat yang juga sama mahalnya. Untuk itu,tidak ada salahnya mulai sekarang harus mempersiapkan diri untuk mencegah datangnya penyakit tersebut.

Untuk itu, tim jagoannews sudah mengumpulkan pelbagai tips yang berguna untuk mencegah pengembangbiakan nyamuk dan resiko penyakit yang dibawanya.

Menjaga Kondisi Tubuh

Kondisi fisik yang jelek membikin penyakit cepat masuk dalam tubuh. Untuk itu, selama musim hujan, kondisi tubuh tetap harus dijaga. Banyak cara untuk menjaga kondisi tubuh saat musim hujan. Misalnya, dengan tetap rutin olah raga, mengonsumsi vitamin, serta beristirahat yang cukup.

Melakukan 3M

Yang dimaksud dengan 3M adalah sebagai berikut:

Menguras Tempat Penyimpanan Air

Kuraslah tempat penampungan atau penyimpanan minimal seminggu sekali. Ini akan membikin perkembangan nyamuk terganggu. Sebab, perkembangan nyamyuk dari telur hingga dewasa memerlukan waktu 7-10 hari
Menutup Tempat Penampungan
Tutuplah tempat penampungan air seperti ember, bak mandi, tempayan, atau penampungan air di sekitar tempat tinggal Anda. Agar tidak digunakan nyamuk berkembang biak.
Mengubur Sampah Plastik
Kuburlah sampah-sampah plastik atau yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Sampah yang bisa menampung air, seperti botol minuman, kotak makanan, dan lain sebagainya juga bisa menjadi sarang nyamuk.
Menaburkan Bubuk Abate

Bubuk Abate merupakan sejenis obat untuk membasmi jentik nyamuk. Dilansir Anneahira, obat ini sudah mendapat lisensi WHO. Namun, ketika menaburkannya tidak boleh sembarangan. Aturan pakai bubuk ini adalah 10 gr tiap 100 liter air. Disarankan untuk menggunakannya di tempat-tempat yang sulit untuk dikuras.

Memakai Krim Anti Nyamuk

Oleskan krim anti nyamuk di badan Anda sebelum tidur. Pilihlah krim yang banyak mengandung Citronella di dalamnya. Untuk lebih aman, pasanglah kelambu di tempat tidur Anda.

Menjaga Kebersihan

Usahakan agar kamar atau ruangan selalu dalam keadaan bersih dan rapi. Pakaian yang digantungkan dibalik pintu kamar sebaiknya dilepaskan. Sebab, nyamuk Aides Aegepty paling suka bersembunyi di balik baju yang digantungkan sebelum menyerang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s