Pulih Lebih Cepat dengan Multivitamin

Vitamin merupakan nutrisi penting yang harus diserap tubuh agar dapat berfungsi optimal. Diet yang salah merupakan salah satu faktor yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami defisiensi vitamin. Apa saja vitamin yang dibutuhkan tubuh dan bagaimana cara kerja vitamin-vitamin tersebut dalam tubuh? Yuk, kita simak bersama!

Manfaat Vitamin bagi Kesehatan

Setiap vitamin memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Tubuh pun menggunakan vitamin dalam jumlah yang cukup agar mekanisme tubuh tetap berjalan optimal. Berikut manfaat beberapa vitamin yang penting bagi kesehatan.

Vitamin A
Biasa juga disebut dengan retinol yang berguna untuk menjaga kesehatan mata serta menjaga lapisan selaput mukosa dalam tubuh. Vitamin A juga membantu mengubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita.

Vitamin B
Digunakan tubuh untuk membantu memetabolisme lemak, menjaga kadar gula darah, membantu mengurangi nyeri otot dan mendorong pertumbuhan sel-sel otot yang rusak setelah latihan intens.

Vitamin C
Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu antioksidan yang berperan vital dalam menangkal radikal bebas, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh. Bersama kalsium dan vitamin D membantu memperkuat tulang. Terutama bagi Anda yang gemar latihan beban.

Vitamin D
Selain untuk kekebalan tubuh, vitamin yang satu ini juga sangat penting untuk penyerapan kalsium, mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, vitamin D juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kesibukan dan kepadatan aktivitas sehari-hari bisa menurunkan kekebalan tubuh. Karena itu, pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Vitamin E
Inilah vitamin yang telah dikenal untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin E juga memiliki manfaat lain yang tak boleh diabaikan, seperti mempercepat penyembuhan luka, mengurangi nyeri haid sekaligus mencegah sterilitas dan destrofi otot.

Mengapa Perlu Multivitamin?

Multivitamin merupakan suplemen gizi yang terdiri dari berbagai vitamin di atas. Suplementasi multivitamin baik dikonsumsi bagi Anda yang tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup dari pola makan sehari-hari. Multivitamin merupakan suatu formula yang terdiri dari vitamin tunggal, multi atau kombinasi dengan mineral.

Bagaimana Memilih Suplemen Multivitamin yang Baik?

Multivitamin suplemen harus mencakup semua vitamin dan nutrisi penting untuk dosis harian. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan 13 vitamin penting. Untuk menjaga kinerja tubuh tetap baik, seseorang harus memiliki vitamin A, B, C, D, E, K, dan 7 vitamin B kompleks. Sebagian besar vitamin yang diperoleh oleh tubuh berasal dari makanan yang kita makan. Bahaya penyakit atau bahkan kematian dapat terjadi bila kekurangan beberapa vitamin esensial.

Meski multivitamin harian telah terbukti bermanfaat, namun tidak menjamin seseorang bebas dari penyakit serius yang disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Penting untuk mempertimbangkan isi dari suplemen multivitamin sebelum dikonsumsi. Pastikan multivitamin tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Ada beberapa vitamin yang dapat beracun jika terlalu banyak diserap oleh tubuh. Untuk itu, pilihlah multivitamin yang memiliki kualitas terbaik untuk mengoptimalkan kesehatan Anda

One response to “Pulih Lebih Cepat dengan Multivitamin

  1. artikel yang menarik sangat bermanfaat.
    terimaasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s