Rahasia Para Pakar Kecantikan Saat Memanjangkan Rambut

Memanjangkan rambut bukanlah hal yang mudah. Sering kali keinginan memiliki rambut panjang yang tebal dan berkilau bak model dalam iklan shampo harus pupus akibat rambut rontok dan bercabang.

Jika Anda ingin melihat perubahan positif yang permanen dan signifikan terhadap kesehatan rambut. (iStockphoto …

Untuk mengatasinya, Cat Marnell, mantan editor kecantikan majalah ternama dan Mark Townsend, penata rambut selebritas internasional seperti Amy Adams dan January Jones, mengungkapkan rahasia mereka untuk mendapatkan rambut panjang yang sehat serta indah. Apa saja?

Jangan abaikan kulit kepala Anda
Anggapan yang mengatakan bahwa jangan menyikat rambut terlalu sering karena dapat membuat kulit kepala menjadi lebih berminyak, ternyata tak sepenuhnya benar. Kenyataannya, menyisir rambut hingga mengenai kulit kepala justru bisa melancarkan peredaran darah yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kuncinya adalah, menggunakan sisir sikat yang berbahan dasar alami.

Berinvestasi pada suplemen
Menurut Towsend, tidak ada yang lebih baik dari memperkuat setiap helai rambut dengan suplemen harian. “Biotin merupakan suplemen yang baik untuk rambut dan kuku,” ujarnya. Selain itu, vitamin B kompleks juga dipercaya bisa memperkuat rambut serta kuku.

Diet sehat
Jika Anda ingin melihat perubahan positif yang permanen dan signifikan terhadap kesehatan rambut, mulailah melakukan diet sehat. Namun hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan. Butuh minimal dua bulan untuk melihat perubahan tersebut. Towsend menyarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung dan bayam yang mengandung vitamin A dan C yang berfungsi sebagai kondisioner serta dapat memberikan kilauan pada rambut.

Kurangi keramas, perbanyak kondisioner
Mencuci rambut setiap hari dapat membuat rambut menjadi kering dan menghilangkan kadar minyak alami rambut. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat rambut bercabang dan artinya, Anda harus kembali memotong rambut. Para ahli sepakat bahwa mencuci rambut cukup dilakukan selama dua kali dalam semingu. Jangan lupa memakai kondisioner dan pelembap rambut sesering mungkin.

Rambut berkilau
Anda bisa mencoba trik dari Liv Tyler untuk dapatkan rambut berkilau. “Sebelum saya selesai mandi, saya selalu membasahi kepala saya dengan air dingin yang dapat membuat rambut menjadi berkilau,” ungkapnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh editor kecantikan Cat Marnell. Menurutnya, air dingin dapat membuat kutikula rambut lebih rata dan sempurna sehingga cahaya dapat terpantul dengan baik. Namun berhati-hatilah dengan perawatan rambut “mengilat” ala salon. Perawatan tersebut mungkin dapat membuat kutikula lebih halus, tetapi juga berdampak mengeringkan kulit kepala.

Kurangi paparan panas pada rambut
Hindari menggunakan alat penataan rambut yang melibatkan panas seperti hair dryer, pengeriting rambut dan catok lebih dari dua kali dalam seminggu. Penggunaan alat-alat panas setiap hari dapat menyebabkan orang memiliki rambut panjang yang tidak sehat dan tampak kusam. Towsend menyarankan agar tidak menggunakan hair dryer terlalu dekat dengan rambut, minimal jaraknya 13 cm.

Tidur dengan bantal yang tepat
Agar rambut panjang tidak mudah rontok saat tidur, cobalah menggunakan bantal berbahan kain sutera atau satin. Menurut Marnell, bantal berbahan sutera dapat mengurangi gesekan pada rambut ketimbang bantal berbahan katun atau flanel. Di atas bahan licin, rambut cenderung meluncur dan tidak mudah tersangkut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s