Kapan Harus Mulai Memakai Krim Antipenuaan?

Age is not the problem. Banyaknya iklan produk perawatan yang ditargetkan berdasarkan umur dan bukan berdasarkan masalah kulit menjadi ‘ganjalan’ bagi banyak orang dalam menentukan skincare apa yang tepat untuk mereka. Apalagi kalau sudah memakai embel-embel anti-aging di label produk tersebut. Orang jadi mundur teratur, karena mereka merasa masih muda dan belum memerlukan perawatan antipenuaan.

Muda di sini bukan berarti masih ABG, lho. Banyak orang yang belum menginjak usia 40-an merasa tidak memerlukan skincare anti-aging. Tapi sebenarnya, skincare anti-aging bukanlah produk yang hanya diperlukan untuk wanita berusia 40-an.

Jadi kapan saatnya harus memulai memakai skincare anti-aging?

Jawabannya, kebalikan dari kalimat pertama saya, yang penting adalah masalah kulitnya, bukan usianya. Berapa pun usia Anda, menurut saya, apabila sudah ada masalah yang harus dibenahi pada kulit dan dapat diselesaikan dengan memakai skincare anti-aging, itu adalah saat yang tepat untuk mulai memakai produk dari lini perawatan tersebut.

Problematika apa saja, sih, yang biasanya terkait dengan masalah penuaan kulit? Biasanya skincare anti-aging akan menawarkan solusi untuk masalah pengenduran kulit, garis-garis halus di wajah, warna kulit yang mulai kusam, dan noda hitam yang mulai muncul akibat efek penuaan dini pada kulit. Tidak semua skincare anti-aging menjawab seluruh permasalahan tersebut pada saat yang bersamaan, tapi secara general mereka menawarkan solusi terhadap hal-hal tersebut.

Bolehkah memakai skincare anti-aging apabila tidak merasa ada permasalahan serius?

Pasti pernah dengar, dong, istilah ‘sedia payung sebelum hujan’? Buat saya, skincare anti-aging adalah asuransi saya, sama seperti payung, untuk mencegah adanya penuaan dini pada kulit saya. Di atas usia 20, menurut saya, selalu ada skincare anti-aging tepat yang bisa Anda gunakan. Sayangnya, tidak seperti reptilia, kita hanya punya satu kulit untuk seumur hidup dan kulit ini tidak akan berganti. Jadi harus kita rawat sebisanya. Tidak harus memakai seluruh produk dari lini anti-aging, cukup tambahkan satu atau dua produk saja ke rutinitas perawatan kulit Anda.

Tapi ini juga bukan dorongan dari saya untuk harus memakai produk dari lini anti-aging. Pakailah produk-produk tersebut hanya bila Anda memang sudah merasa perlu.

Secara umum, apabila Anda merawat kulit dengan baik dengan langkah-langkah dasar yang telah dianjurkan, maka sebenarnya Anda tidak akan memerlukan skincare anti-aging sampai kulit Anda memang benar-benar bermasalah atau mungkin setelah berusia 35 tahun ke atas. So, it’s all up to you whether you’re ready or not.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s