Makanan Pencegah Stress

Rutinitas pekerjaan, macet, keuangan, polusi dan beragam permasalahan lainnya sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari para penghuni kota besar. Lama kelamaan Anda tidak menyadari bahwa level stress Anda sudah mencapai titik maksimal. Ciri-cirinya? Mudah saja. Anda menjadi mudah marah dan kepala Anda sering terasa berdenyut-denyut.

Untuk menghilangkan stress, mungkin memerlukan aktivitas relaksasi yang dijalankan dengan rutin. Tapi untuk menguranginya, Anda tidak perlu repot kok. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda justru bisa mengurangi tingkat stress sehari-hari Anda.

Orange
Sebuah studi di Jerman membuktikan bahwa vitamin C ampuh mengurangi tingkat stress dan menekan tekanan darah hingga ke titik normal, setelah melalui situasi menegangkan. Vitamin C juga dikenal sebagai cara alami mendorong sistem imunitas tubuh. Buah jeruk dengan kandungan vitamin C yang tinggi bisa Anda konsumsi setelah menikmati makan siang atau sebagai pengganti camilan di malam hari.

 Sweet Potatoes

Makanan yang satu ini, mungkin relatif tidak sulit Anda temukan. Ya, ubi yang lazim Anda temui di pinggir-pinggir jalan. Dengan mengunyah ubi, Anda bisa mendapatkan asupan karbohidrat dan gula yang cukup dalam menghadapi masa-masa stress. Nilai plusnya, makanan ini tetap menyehatkan. Dengan banyak kandungan vitamin, betakarotene dan serat, ubi mendorong tubuh Anda untuk memproses karbohidrat dan mendorong Anda melakukan steady manner secara alami.

Dried Apricots

Aprikot dikenal kaya akan kandungan magnesium, yang merupakan penghilang stress alami dengan kemampuannya mengendurkan otot-otot yang menegang di dalam tubuh.

 Almonds, Pistachios & Walnuts

Keluarga kacang-kacangan ini diperkaya dengan vitamin B dan E sekaligus yang mendorong daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah yang meningkat.

 Turkey

Di Indonesia, hidangan turkey atau ayam kalkun mungkin belum lazim dikonsumsi. Namun di belahan benua lainnya, ayam kalkun dapat disulap menjadi hidangan spesial terutama di kala perayaan thanksgiving day. Ayam kalkun memiliki kandungan asam amino bernama L-tryptophan. Jenis asam ini akan memacu hormone serotonin yang akan mendorong otak mengirim sinyal rasa nyaman kepada tubuh Anda. Inilah yang menjelaskan mengapa kebab turkey ataupun burger turkey menjadi makanan pelepas lelah favorit di beberapa negara.
Spinach

Bayam merupakan makanan ampuh bagi Anda yang sering terserang migraine ataupun sakit kepala mendadak. Satu cangkir bayam saja mampu menyediakan 40% dari total kebutuhan magnesium harium Anda per hari.
Salmon

Makanan yang satu ini memang juaranya makanan sehat. Dalam artikel mengenai makanan menyehatkan, daging ikan salmon pasti selalu disebut. Apalagi yang menjadi kelebihannya selain tingginya kandungan Omega-3 di dalamnya yang mampu menjaga jantung Anda dari serangan jantung. Omega-3 juga menekan timbulnya hormone cortisol yang berfungsi memompa adrenalin seseorang.

Avocados

Kandungan lemak dan potassium di dalam alpukat mampu menekan tingginya tekanan darah seseorang. The National Heart, Lung and Blood Institute bahkan secara resmi mengatakan bahwa cara terbaik mengurangi tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi alpukat yang memiliki kadar potassium tinggi, bahkan melebihi pisang. Di Indonesia sendiri, alpukat lazim dikonsumsi dengan guyuran susu cokelat yang selain memberi rasa manis, juga mengandung flavonol yang akan menjentikkan hormone kebahagiaan di dalam tubuh. Sekejap, and you’ll feel better.

 Green Vegetables

Sayuran hijau terutama brokoli mengandung banyak kandungan vitamin yang menyehatkan. Konsumsi sayuran yang direbus dan sayur-sayuran ini akan menjadi sahabat terbaik Anda dalam mengurangi stress. Anda tidak suka sayuran? Anda bisa mengakalinya dengan mencampurnya dengan keju, atau diubah menjadi jus yang menyegarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s