Tips Menghindari Pertengkaran dan Pertikaian Dengan Suami

PERTENGKARAN adalah hal yang wajar dalam setiap hubungan, termasuk pasangan suami istri. Konflik dalam pernikahan memang tak terelakkan dan tidak dapat dihindari.

Tidak ada kehidupan yang sempurna atau hubungan yang sempurna. Kita semua harus belajar untuk hidup dengan ketidaksempurnaan. Oleh karena itu, berikut kiat untuk menimalkan pertikaian dengan suami Anda:

1. Hindari bentrokan ego
Setiap manusia memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri dan wajar untuk mengasumsikan bahwa kita adalah yang terbaik. Namun, dalam hubungan kita mesti banyak berbagi antara dua orang. Jadi apakah itu baik atau buruk, bersiaplah untuk disalahkan dan menyalahkan.

2. Jadilah diplomatis
Mungkin akan timbul situasi di mana kesalahan pasangan terlihat. Jika dia cukup dewasa untuk mengakui, itubaik. Tetapi jika tidak, jangan berdebat dengan mengharapkannya menyampaikan permintaan maaf.

3. Menganalisis alasan
Kadang-kadang marah mungkin diakibatkan tekanan kerja atau stres. Jika itu terjadi, cobalah untuk menunda pertikaian.

4. Tahan diri
Dalam situasi yang saling bertentangan, coba kurangi intensitas perlawanan. Banyak perkelahian besar dimulai dengan alasan sepele. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak masuk ke argumen langsung.

5. Berikan ruang
Jika Anda bertengkar karena lebih dari satu masalah serius, lebih baik Anda saling menjauh dulu. Yang Anda butuhkan adalah waktu dan ruang untuk memikirkan masalah ini.

6. Jangan tergesa-gesa
Jangan marah atau mengirim pesan marah. Tunggu waktu yang tepat untuk membahasnya. Ini juga akan menghindari insiden yang tak diinginkan. Kita tak pernah tahu, menyakiti pasangan mungkin akan meninggalkan dampak yang mendalam pada jiwanya.

7. Jangan emosional
Wajar bagi siapa pun untuk marah selama perkelahian. Namun, ingat itu hanya akan merusak kesehatan Anda. Cobalah untuk tahan kemarahan dan pecahkan masalah dengan damai.

8. Jangan memendam
Memendam perasaan negatif merugikan hubungan. Jadi coba pecahkan masalah tanpa menunda. Duduk dan beri tahu pasangan bagaimana perasaan Anda. Ini membantu banyak untuk berkomunikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s