Resep Membuat Jus Anggur Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah studi yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition melaporkan bahwa polifenol yang terkandung dalam anggur dan jus anggur dapat mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular. Kita semua ingin keuntungan ini, tetapi beberapa dari kita tidak mengonsumsi alkohol. Anggur concord atau concord grape adalah jenis anggur yang dikembangbiakkan di Amerika bagian Timur sejak abad ke-19. Anggur ini biasanya diolah menjadi selai, jelly, jus anggur, dan permen.

Meskipun anggur Concord pernah dianggap sebagai raja jus buah anggur, semua jenis jus anggur merah dan putih telah menjadi populer untuk rasa dan manfaat nutrisi. Jika Anda memiliki akses ke perkebunan anggur, pertimbangkan untuk membuat jus anggur segar.

Masih ada cara untuk mendapatkan manfaatnya tanpa anggur merah. Karena anggur ungu kegelapan akan memberikan banyak manfaat kesehatan yang sama. Berikut manfaatnya:
1. Minum jus anggur 100 persen anggur concord (perhatikan lebelnya sebelum membeli), mengandung antioksidan dari flavanoids yang membantu untuk memerangi penyakit dalam tubuh dan untuk mencegah pembentukan plak di dinding arteri. Antioksidan yang ditemukan dalam biji dan kulit anggur ungu gelap. Zat tersebut akan menetap di dalam tubuh dan membantu menghambat LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat. LDL memainkan peran penting dalam mengembangkan aterosklerosis. Anggur juga mengandung bahan kimia yang disebut resveratrol yang membantu sel tetap kuat.
2. Dengan minum jus anggur concord bisa mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah. Hal ini akan merileksasi pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih mudah, menjaga tekanan darah normal.
3. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terutama jus anggur berwarna ungu gelap bersifat anti-bakteri, anti-virus, anti-tumor, anti-inflamasi, dan anti-alergi.

Cara membuat jus anggur concord:
1. Petik batang buah anggur dan cuci bersih. Buang buah anggur yang Anda tidak mau makan segar.
2. Tempatkan buah anggur yang telah dicuci dalam panci besar. Lalu masukan air ke dalamnya hingga terendam. Jerang diatas kompor dengan api kecil hingga mendidih. Gunakan api kecil.
3. Saat mendidih, biarkan hingga semua buahnya terkelupas dari kulitnya
4. Ambil kain putih yang rapat diatas sebuah saringan atau corong, lalu tempatkan wadah dibawahnya.
5. Perlahan-lahan tuangkan anggur dan jus, lalu biarkan ampasnya hingga tersaring hingga tersisa kulit dan bijinya. Dinginkan jus selama 24 sampai 48 jam.
6. Untuk menghasilkan jus yang manis. tuangkan jus yang sudah dingin ke dalam panci lalu panaskan dengan api kecil. Tapi pada saat dituangkan ke dalam panci jangan sampai habis karena jus tersebut ada sisa-sisa ampasnya. Tambahkan gula dan aduk rata, setelah itu biarkan jus dingin.
7. Saring kembali jus bisa menggunakan kain bersih yang sama atau juga bisa dengan menempatkan filter kopi dan tuang jus ke dalam botol. Simpan dalam kulkas

One response to “Resep Membuat Jus Anggur Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

  1. trims untuk infonya
    salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s