6 Kebiasaan Sehat Agar Hidup Lebih Panjang Umur dan Sehat

Apakah Anda sadar bahwa kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari berdampak pada lama atau tidaknya Anda hidup? Ternyata tidak perlu kita merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan hidup yang lebih sehat dan lama. Cukup lakukan hal-hal kecil yang sehat dan positif setiap harinya, maka Anda bisa menghirup udara lebih lama. Inilah enam kebiasaan sehat yang membuat Anda hidup lebih lama.

1. Olahraga
Teknologi terkadang membuat kita hidup dengan lebih mudah, tapi tidak membuat kita sehat. Olahraga ternyata membuat hidup Anda lebih lama tiga tahun. Tidak perlu pergi ke gym atau menyewa pelatih pribadi. Olahraga ini bisa dilakukan dimana-mana dan kapan saja.

Misalnya saja kantor Anda dekat rumah, manfaatkan dengan berangkat kerja berjalan kaki. Jika terlalu jauh, gunakan kendaraan umum kemudian berhenti beberepa meter sebelumnya. Lanjutkan dengan berjalan kaki dan nikmati olahraga itu.

Jika kantor Anda bertingkat, jangan gunakan lift, tapi naiklah dengan tangga. Hal-hal sederhana ini bisa membuat Anda hidup sehat dan lebih lama. It’s really simple!

2. Sarapan Sehat
Sarapan merupakan kebiasaan sehat yang membantu Anda hidup lebih lama. Dengan selalu sarapan, Anda akan merasa baik secara mental maupun fisik. Klinik Mayo menyarankan kombinasikan sarapan Anda dengan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Dengan begitu, selain mendapatkan nutrisi yang bervariasi dan sehat, Anda pun tidak bosan dengan menu sarapan yang sama tiap harinya.

3. Cukup Tidur
Kurang tidur mempersingkat hidup Anda. Setidaknya itulah kesimpulan dari sejumlah studi yang dilakukan puluhan tahun belakangan ini. Kurang tidur meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker, jantung, diabetes, dan obesitas.

Selain itu, kurang tidur juga menimbulkan stres. Kita semua tahu stres dan rasa cemas yang berlebihan adalah pembunuh. Maka, hindari begadang. Usahakan tidur dengan pola yang teratur.

4. Sikat Gigi Setiap Hari
Ini memang terkesan tidak masuk akal. Namun kenyataannya, mulut yang tidak bersih dan tidak sehat menyebabkan penyakit gusi jahat seperti gingivitis dan periodontitis. Ini merupakan peradangan yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan penyebab umum penyakit jantung.

Dr Michael Roizen dalam buku The Real Age Makeover menyebutkan, sikat gigi dan flossing setiap hari menambah 6,4 tahun hidup Anda. Maka itu, rawatlah kesehatan mulut Anda sekarang juga.

5. Tetap Berhubungan dengan Teman
Ada pepatah yang mengatakan teman yang baik lebih murah daripada terapi. Hal itu kini telah terbukti lewat beberapa penelitian. Setidaknya bukan hanya mengenai teman, melainkan segala bentuk hubungan sosial. Bisa itu kelompok olahraga, memasak, maupun keagamaan. Semua kelompok pertemanan ini akan memberikan dukungan yang positif. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari stress yang secara tidak langsung membuat Anda hidup lebih lama. Lagi pula ini dapat membuat Anda bahagaia karena murah yang berarti juga punya uang lebih buat yang lain.

6. Jaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Hampir 70 persen tubuh kita terdiri dari cairan. Jadi bukan hal yang aneh jika air itu sendiri menjadi bagian yang penting bagi kesehatan manusia. Tubuh menggunakan air untuk mengatur suhu tubuh, melindungi persendian dan organ, juga untuk membantu transportasi oksigen ke sel. Solusinya sederhana, hindari tubuh Anda dari dehidrasi. Konsumsi cairan dengan tepat, makan Anda akan lebih sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s