Jogging Atau Olahraga Lari Terbukti Baik Untuk Kesehatan Jantung

Berolahraga merupakan bagian dari pola hidup yang sehat. Banyak pilihan berolahraga, mulai yang murah meriah, seperti jalan cepat, hingga melatih tubuh di pusat kebugaran bergengsi. Namun, sebelum Anda berolahraga, tentu harus memperhatikan kondisi tubuh lebih dulu.

Nah, salah satu olahraga yang bisa dilakukan banyak orang adalah joging. Joging merupakan suatu olahraga aktif fisik seperti lari kecil dengan kecepatan 6-7 mil per jam. Aktivitas joging ini bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan teman dan keluarga untuk menambah semangat.

Tentu Anda harus menggunakan sepatu lari yang baik bagi kaki. “Karena kekenyalan karet yang berkurang berdampak kurang baik bagi kesehatan,” kata dr Michael Tringto, spesialis kedokteran olahraga dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

Bagi orang yang bermasalah dengan sendi lutut, olahraga joging juga bagus dilakukan. Namun, kata Michael, joging harus dilakukan dengan aturan yang tepat, yaitu interval 2,5 menit jalan cepat, lalu setengah menit joging, dan berulang lakukan terus-menerus dengan teratur.

Tak perlu keluar banyak isi kocek karena bisa dilakukan di mana saja. Tapi, kata Michael, jika ingin melakukan joging di dalam ruangan, harus dalam area yang luas. “Joging di lapangan berumput lebih baik karena benturan lutut tidak keras dibanding di jalan aspal.”

Joging pun, menurut Michael, sangat baik untuk jantung, selain jalan cepat. Pasalnya, kedua olahraga ini lebih banyak menggerakkan bagian paha dan tungkai. Lari tidak dianjurkan karena akan memberatkan jantung,” ujar Michael. Dengan menggerakkan paha dan tungkai, menjadikan beban jantung berkurang.

Pembuluh darah yang menyempit di kaki dan tungkai berkat joging menjadi melebar. Yang tertutup oleh lemak menjadi terbuka, serta ada pembentukan pembuluh darah baru, sehingga aliran darah atau kinerja jantung menjadi lancar.

Pembesaran jantung dapat muncul dalam olahraga yang berlebihan. Pembesaran jantung ini sering tak menunjukkan tanda berarti bahkan keluhan sekalipun. “Jika gaya hidup Anda aktif dan masih rutin berolahraga tak masalah. Ini bermasalah jika di masa datang, Anda berhenti berolahraga sama sekali. Akibatnya, jantung yang membesar akan memberi masalah,” ujarnya.

Untuk itu, sebelum memulai olahraga apa pun, Michael meminta agar Anda menghitung denyut nadi di tangan atau di leher. Sebab, kata dia, jantung terbebani atau tidak, tetap harus dipantau, yakni dengan keteraturan denyut nadi. Dan pemantau denyut jantung setiap orang pastinya berbeda. Kapasitas denyut jantung yang baik adalah 60-80 persen.

TIPS
Menurut dr. Michael Triangto, SpKO, tip olahraga yang bagus dan cocok bagi kesehatan tubuh harus mengandung 4D.

1. D-Dapat dilihat hasilnya. Artinya, ketika pertama kali latihan joging, harus dilihat capeknya dengan penuh keringat di wajah. Namun, setelah beberapa kali latihan, terlihat tubuh lebih segar tidak capek.

2. D-Dapat dirasakan perubahannya. Misalnya, ketika di kantor, lift mati, sehingga harus naik tangga hingga lantai tiga tidak membuat capek dan lelah, tapi justru terlihat tetap bugar dan fit.

3. D-Dapat dinikmati karena proses pelaksanaannya nyaman. Misalnya, latihan joging tidak terlalu berat, tapi ketika naik tangga tubuh menjadi lebih kuat. Latihan tidak harus berat dan tak harus ringan, melainkan harus sesuai dengan tingkat kebutuhan, seperti sudah dicontohkan, 60-80 persen sesuai dengan kemampuan, pasti mampu dilakukan dengan happy.

4. D-Dapat diulang di kesempatan lain. Misalnya pagi ini joging selama 45 menit, besok dilakukan lagi dengan rutin dengan jam yang sama. Sebab, olahraga yang baik harus dilakukan dengan teratur dan berkesinambungan. Hasilnya adalah dapat mengurangi beban jantung.

Advertisements

One response to “Jogging Atau Olahraga Lari Terbukti Baik Untuk Kesehatan Jantung

  1. wah……….makasih banyak ya ats infonya nya,,, jadi tau nech,, moga bermamfaat bagi semua and perlu di coba nech kayaknya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s