Bakteri Dalam Usus Buntu Dapat Membuat Tubuh Langsing

PERCAYAKAH Anda bahwa bakteri bisa membantu kita menurunkan bobot ekstra pada tubuh yang tidak diinginkan? Nyatanya begitu, bagi Anda yang enggan malas menuju gym atau memakai sepatu kets untuk sekadar jalan santai, bakteri pada usus Anda sebenarnya sangat membatu Anda menuju tubuh ramping.

Yukio Kadooka dari Snow Brand Milk Products, perusahaan susu di Saitama, Jepang, dan rekannya telah menemukan bahwa peningkatan sejenis mikroba pada usus manusia dapat membantu menyingkirkan kelebihan berat badan, seperti dikutip dari majalah Time edisi Maret 2011.

Dalam studi tersebut, para peneliti memberi 87 relawan yang mengalami kelebihan berat badan 100 gram susu fermentasi. Susu ini biasanya digunakan untuk membuat yoghurt. Mereka diminta meminumnya selama dua kali sehari sembari melakukan diet normal mereka.

Susu yang diminum oleh separuh partisipan diperkaya dengan Lactobacillus gasseri. Setelah 12 minggu, para sukarelawan telah kehilangan rata-rata 1 kilogram, sedangkan rekan-rekan mereka yang lain tidak menunjukkan perubahan dalam berat badan.

Berdasarkan hasil pemindaian, terungkap bahwa mereka telah kehilangan 4,6 persen lemak ‘jahat’ yang mengelilingi organ internal serta terlibat dalam sindrom metabolik.

Pinggul dan lingkar pinggang mereka juga berkurang rata-rata 1,7 dan 1,5 cm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s