Cara Rahasia Terbaik Latih Disiplin Anak Sedari Kecil

Tak mudah mengajarkan disiplin pada anak. Bila pendekatannya sampai salah, alih-alih mengikuti nasihat Anda, yang terjadi mereka justru akan memberontak dan menjadi pemalas serta tidak mau berusaha.

Lupakan mendidik anak dengan menonjolkan kekuasaan orang dewasa, misalnya dengan ancaman, memaki-maki, mengancam atau menyumpahi. Karena hal ini akan mengajari si kecil untuk melawan, bandel, bodoh dan malas.

Membimbing anak adalah sesuatu yang perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan sentuhan kasih sayang serta pukulan seperti yang diperbolehkan dalam agama (asal pukulan tersebut dengan cinta dan bukan dengan amarah). Ingin tahu bagaimana mendidiknya, berikut ini caranya, dikutip dari laman Times of India.

– Jika ingin anak mengikuti kemauan Anda dan bukan Anda yang mengikuti kemauan anak

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua. Jika ingin membiasakan mereka melakukan sesuatu, Anda harus memberinya contoh. Misalnya, membuang sampah di tempat yang benar, merapikan tempat tidur setelah bangun atau mengunyah makanan tanpa bersuara serta bekerja dengan rajin

– Jika anak-anak sulit diatur di tempat umum

Bersabarlah dan mencoba memberi pandangan yang baik pada mereka. Jika mereka masih tidak memperhatikan Anda, jangan ancam dengan hukuman tetapi pukul atau jewer. Namun, ingat untuk tidak menaikkan nada suara Anda. Sebab, aksi itu hanya akan membuat mereka tambah nakal.

– Selalu memperlakukan anak sebagai orang dewasa

Mereka juga mencari rasa hormat dan kepentingan dari orang tua. Memberikan pujian karena berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, mengajari menerima konsekuensi dan bertanggun jawab atas orang lain. Hal itu akan membuat mereka merasa dihargai.

– Cobalah untuk tidak memarahi

Jika anda ingin marah, sebenarnya itu hanya menunjukkan titik lemah Anda. Anak-anak akan dengan cepat menangkap reaksi Anda, bahkan bisa meniru perbuatan itu. Akan lebih baik, Anda mengarahkan mereka untuk melakukan sesuatu hal yang lebih positif.

– Jika anak melakukan kenakalan di depan orang lain

Jangan berteriak pada mereka apalagi membela mereka jika mereka kalah baku pukul. Tunggu sampai Anda kembali ke rumah atau orang lain tersebut menjauh. Kemudian menjelaskan secara tegas bahwa perilaku semacam ini tidak bisa diterima. Ingatkan juga pada mereka bahwa jika mengulangi perilaku ini, Anda akan memukul mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s