75 Persen Orangtua Tidak Pernah Mengajarkan Anak Tentang Kebersihan

SEKITAR Tiga perempat orang tua diketahui gagal dalam mengingatkan anak-anak mereka untuk mencuci tangan sebelum makan. Menurut hasil sebuah survei, diketahui pula satu dari lima orang tua tidak memberitahu anak mereka untuk mencuci tangan setelah dari kamar kecil.

Sementara itu, satu dari 16 orang tua menganggap bahwa mengajarkan anak-anak untuk mencuci tangan merupakan tanggung jawab sekolah. Survei terhadap 3.000 orang tua di Inggris yang digelar oleh Farmasi Co-Operative juga menemukan bahwa 57 persen orang tua gagal untuk memahami bahwa kebersihan tangan yang kurang bisa mengakibatkan keracunan makanan. Hal ini tentunya juga bisa memberikan kontribusi terhadap cepatnya penyebaran infeksi flu musiman seperti flu babi dan burung.

Selain itu, survei ini juga menemukan bahwa satu dari 25 anak (4,1 persen) menghabiskan lebih dari 11 hari dalam setahun untuk izin sakit, sedangkan 11 persen mengambil antara 6 dan 10 hari untuk izin sakit, seperti dikutip dari The Telegraph, Jumat (4/1).

John Nuttall, managing director The Farmasi Co-Operative, mengatakan, “Penelitian kami menunjukkan bahwa sejumlah besar orang tua tidak menyadari bahwa mereka telah membuat anak-anak mereka beresiko dengan tidak mengajarkan prinsip-prinsip dasar kebersihan tangan. “Cukup dengan membiasakan dan mengajarkan kebiasaan baik ini di rumah akan efektif dalam mengurangi risiko tertular infeksi serius dan kemungkinan menyebarkannya ke keluarga dan teman-teman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s