Dokter Bedah Kosmetik Nakal Banyak Bermunculan Di Asia

Menurut International Society of Aesthetic Plastic Surgery (ISAPS), negara-negara Asia seperti Cina, India, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Thailand adalah termasuk 20 negara teratas sebagai pelaku prosedur bedah kosmetik di seluruh dunia. Pada tahun 2009, Asia juga menjadi pusat operasi plastik terbesar kedua di dunia.

Di zaman di mana Botox dan liposuction umum dilakukan, sebagian besar dari kita melupakan mengenai bahaya dan komplikasi yang mungkin terjadi pada prosedur ini. Untuk kebanyakan orang, mendapatkan suntikan Botox tidaklah terlalu berbahaya karena hal ini dianggap simple seperti menindik telinga mereka.

Tapi kenyataannya adalah, ternyata banyak yang telah menjadi korban operasi plastik yang gagal!

Di tempat lain di Asia, terdapat lonjakan jumlah pusat kecantikan tanpa izin dan ahli bedah plastik tidak berakreditasi. Mereka menawarkan operasi kecantikan dengan harga murah untuk pasien yang menginginkan kelopak mata baru, bibir lebih penuh atau perut datar.

Tetapi hasilnya malah lebih sering menjadi bencana. Bahkan pasar medis canggih seperti Amerika Serikat juga tidak luput dari peristiwa tragis seperti ini. Dan beberapa kejadian serupa tidak dilaporkan karena terjadinya di sebuah klinik illegal di luar negeri.

Mengacu pada peristiwa meninggalnya ibunda rapper terkenal Kanye West, Donda West, dan mantan Miss Argentina, Solange Magnano, setelah komplikasi yang timbul dari operasi plastik, maka semakin banyak pertanyaan-pertanyaan muncul mengenai risiko operasi elektif.

Jutaan orang pernah melakukan pengangkatan, penurunan, perubahan bentuk, pengambilan atau pengupasan pada bagian tubuh mereka tiap tahunnya. Sejumlah besar mereka memilih untuk melakukannya tidak di rumah sakit, tapi di klinik-klinik swasta yang bahkan tidak memiliki fasilitas yang tepat. Inilah yang bahaya!

Jika dokter bedah Anda tidak memiliki sebuah klinik di rumah sakit, pastikan bahwa ia memiliki anestesiologi terlatih dan perawat. Pada saat-saat tertentu, dokter bedah nakal akan melakukan operasi tanpa ahli anestesi yang terlatih atau perawat anestesi di ruang operasi. Ini adalah beberapa penyebab bencana bisa terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s