Cara Memanfaatkan Fitness Center dan Waktu Nge Gym Secara Optimal Agar Tidak Rugi

Berangkat ke gym saja sudah sulit, belum lagi mengingat biaya yang dikeluarkan cukup mahal, supaya tidak rugi, ketahui apa saja kesalahan yang membuat biaya dan usaha keras Anda ke gym sia-sia. Berikut apa kata pelatih kebugaran pribadi, Andrea Metcalf mengenai kesalahan terumum yang dilakukan di gym:

1. Membaca di treadmill
Kadang, untuk menyingkat waktu, kita melakukan satu-dua kegiatan dalam waktu bersamaan. Misal, membaca saat berjalan di atas treadmill. Namun, hal ini sangat tidak disarankan. Jika Anda mengalihkan perhatian saat berlatih di atas treadmill, Anda berisiko menyia-nyiakan waktu karena tidak memfokuskan diri pada latihan. Jika Anda bosan, coba lakukan pergantian interval antara kecepatan tinggi dan rendah. Memaksa diri Anda untuk bergerak akan membantu banyak. Lakukan kecepatan tinggi dalam waktu 10 menit, lalu melambat, lalu kembali cepat.

2. Peregangan sebelum olahraga
Menurut Andrea, kebanyakan kali kita memusatkan peregangan sebelum berolahraga, padahal, yang terpenting justru sesudah olahraga. Jika Anda ingin memanaskan diri saat peregangan sebelum mulai olahraga, disarankan untuk melakukan gerakan yang menyerupai kegiatan olahraganya. Misal, memutar pergelangan kaki sebelum mulai jalan kaki, atau mengayunkan kaki lebar-lebar sebelum mulai berlari.

3. Lupa meregangkan tubuh usai olahraga
Kebanyakan orang menutup sesi olahraganya dengan melakukan sit up, lalu langsung bersih-bersih. Namun, menurut Andrea, sebaiknya tidak membiarkan otot yang baru saja dipaksa kerja lalu dibiarkan begitu saja. Lebih baik lepaskan ketegangan otot tersebut dan kembalikan ke posisi relaks setelah tegang. Caranya? Lakukan peregangan di kelompok otot tertentu (pinggul, bagian luar paha, dada, pundak, dan pergelangan kaki). Tak hanya akan menambah aliran darah dan sirkulasi untuk mengurangi radang pada otot, tetapi juga membantu menjaga postur tubuh yang lebih baik.

4. Minum air dingin di sela olahraga
Seperti diketahui, amat penting untuk menghidrasi tubuh sebelum dan sesudah olahraga. Namun, yang mungkin belum Anda ketahui adalah air yang bertemperatur suhu ruangan menghindrasi tubuh lebih baik ketimbang air dingin. Manusia harus mengeluarkan energi untuk menghangatkan air dingin yang masuk untuk bisa diserap. Jadi, meski air dingin terasa segar, tetapi efeknya akan amat lama bisa digunakan tubuh. Anda bisa menambahkan sedikit garam di dalam air botol Anda untuk membantu menyeimbangkan elektrolit yang terhilang selama olahraga yang banyak mengeluarkan keringat.

5. Rutinitas yang sama terus-menerus
Meski melakukan rutinitas akan memberi Anda kepercayaan diri saat pergi ke gym, namun melakukan gerakan yang sama berulang-ulang akan mengurangi kebiasaan tubuh untuk membakar kalori dan pembentukan otot. Tubuh kita ini pintar. Tubuh akan berusaha beradaptasi dengan aktivitas kita dan terbiasa dengan gerakan yang sama berulang-ulang. Supaya Anda bisa membakar kalori yang lebih, cobalah untuk mengubah intensitas jalan, mengubah rute, mengubah jumlah beban, dan sebagainya. Umumnya, tubuh memiliki waktu untuk belajar antara 6-8 minggu.

6. Melewatkan waktu olahraga
Pencipta Taoisme, Lao Tzu berujar, “Waktu adalah hal yang diciptakan, jika Anda mengatakan tak punya waktu, artinya Anda memang benar-benar tak mau melakukannya.”

Meski Anda bilang tak punya waktu, sebenarnya Anda punya. Bahkan 10 menit berolahraga saja sudah memiliki dampak pada tubuh. Anda bisa melakukan banyak dengan gerakan ringan, kok. Gerakan sedikit saja sudah berarti banyak bagi tubuh.

7. Berolahraga setiap hari
Realistisnya, tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk beristirahat dan menyembuhkan diri. Jika Anda adalah penggemar olahraga, ingat bahwa beristirahat penting untuk membangun kembali otot yang rusak dan menyembuhkan otot yang meradang. Ubahlah intensitas atau cukup lakukan peregangan di hari ke-7. Atau masukkan latihan Pilates atau yoga di sela-sela latihan rutin Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s