Tiga Gelas Teh Sehari Mampu Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Para peneliti mengatakan minum tiga cangkir teh sehari bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

Tinjauan baru menunjukkan minum teh hitam atau hijau secara rutin bisa mengurangi risiko gangguan jantung sebesar 11 persen, seperti dikutip dari Daily Mail. |

The mengurangi pengembangan plak dalam arteri, kombinasi dari lemak dan kolesterol. Tinjauan dari peneliti di University of Western Australia mengatakan manfaat teh sebagian besar disebabkan oleh kadar flavonoid, antioksidan yang merintangi penyakit kardiovaskuler. Secangkir teh mengandung 150-200 mg flavonoid.

Tinjauan itu dipublikasikan dalam jurnal ilmiah “Molecular Aspects of Medicine.”

Dalam istilah memberi antioksidan, dua cangkir teh setara dengan lima porsi sayuran atau dua buah apel.

Penelitian itu juga menemukan bahwa flavanoid pada teh hitam setara dengan teh hijau.

“Ada data konsisten yang mengindikasikan bahwa teh dan flavanoid the bisa meningkatkan nitrat oksida dan meningkatkan fungsi endotel, yang ikut bertanggung jawab atas manfaat pada kesehatan kardiovaskuler,” kata Dr. Jonathan Hodgson, yang turut menulis penelitian.

Dr. Catherine Hood dari industri yang didukung Tea Advisory Panel membandingkan penelitian manfaat teh bagi kesehatan jantung yang dilakukan peneliti di Amerika Serikat (AS) dengan Eropa.

“Dibandingkan dengan penelitian AS, manfaat teh bagi jantung sangat kuat dalam penelitian Eropa. Ini termasuk penelitian Inggris di mana teh yang paling banyak dikonsumsi adalah teh hitam,” kata Dr. Hood.

“Plak dalam arteri karotid (penanda dari aterosklerosis/radang pembuluh darah) sudah menunjukkan kurang umum dalam pria dan wanita yang minum teh. Mengingat jumlah penelitian, termasuk percobaan pada manusia, data menunjukkan bahwa flavanoid dalam teh bisa menghambat aterosklerosis.”

“Tinjauan ini juga menyoroti bukti dari percobaan secara acak yang tekendali menunjukkan bahwa konsumsi teh bisa meningkatkan kesehatan pada lapisan dalam pembuluh darah sebagaimana bukti bahwa teh bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan menurunkan tekanan darah.”

“Menambah susu dalam teh tidak mempengaruhi penyerapan flavanoid dari teh, berdasarkan beberapa percobaan penelitian manusia. Sebagai tambahan, efek antioksidan terlihat dalam darah kita setelah mengonsumsi teh serupa meski susu ditambahkan atau tidak.”

Dia menambahkan bukti terus bertambah mengenai tiga atau empat cangkir teh setiap hari tak hanya bagus bagi kesehatan umum, tetapi juga kesehatan jantung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s