Cara Memperoleh Kebahagiaan Dalam Perkawinan

Sebuah studi menemukan, perkawinan bahagia tidak hanya membuat perempuan lebih mudah melalui dan menikmati hari tetapi juga membantu mereka tidur nyenyak pada malam hari.

Wendy Troxel, PhD, dari departemen psikiatri Universitas Pittsburgh beserta teman-temannya, meneliti 1938 perempuan menikah dari tahun 1996-1997. Para peneliti mencari tahu hubungan antara gangguan tidur yang lebih sedikit dengan perkawinan yang bahagia pada perempuan setengah baya (42-52 tahun). Selain itu, mereka juga meneliti pengaruh perbedaan etnis terhadap gangguan tidur.

Para partisipan diminta untuk menilai tingkat kebahagiaan mereka mulai dari 1-7, dengan angka 7 merujuk pada tingkat yang paling bahagia. Mereka juga dimintai keterangan mengenai kesulitan tertidur, tetap tidur, atau apakah mereka bangun pagi dan tidak bisa tidur kembali.

Para peneliti juga memperhitungkan faktor lain yang mungkin menjadi penyebab masalah tidak bisa tidur, seperti jaringan sosial, gejala depresi, kesulitan ekonomi dan status pekerjaan, alkohol dan komsumsi kafein, kehadiran anak, aktifitas seksual, usia, dan keadaan hormon.

Setelah memasukkan semua unsur-unsur pendukung ini, peneliti menemukan, perempuan dengan tingkat kebahagiaan perkawinan yang tinggi berisiko mengalami gangguan tidur yang lebih sedikit dibandingkan dengan perempuan yang melaporkan merasa tidak bahagia dalam perkawinannya.

Mereka juga menemukan, perempuan kulit putih dan perempuan Afro-Amerika cenderung mengalami gangguan tidur dibandingkan dengan perempuan Jepang, Hispanik, serta perempuan China.

Perempuan yang memakai jaringan sosial cenderung untuk mengalami ketidak bahagiaan dalam perkawinan. Hal ini menunjukkan kalau kebahagiaan dalam suatu perkawinan berkaitan dengan gangguan tidur dan jaringan sosial.

Advertisements

2 responses to “Cara Memperoleh Kebahagiaan Dalam Perkawinan

  1. Sebetulnya dalam tulisan ini,bagaimana sebuah perkawinan yang multi kompleks dilihat dari sisi yang sangat kecil,yaitu manifestasi tidur,bagaimana jika hal ini dibuat terbalik menjadi,manifestasi tidur pada wanita dalam hubungannya dengan hidup perkawinan yang bahagia.

    Salam.

  2. Katak Dalam Tempurung

    wah membalik cara pandang seperti itu sama dengan katak dalam tempurung karena yang sudah sangat kecil seperti yg anda bilang kini menjadi lebih kecil lagi …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s