Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Ada sebuah iklan yang sangat sering dipasang di koran “Turun 15 kilo dalam sebulan tanpa kelaparan” dengan ilustrasinya foto perempuan gendut dengan keterangan “before” dan perempuan yang sama dengan sosok lebih langsing dengan tulisan “after”. Ada lagi yang bunyinya “Berat badan turun tanpa diet”. Iklan-iklan semacam itu selalu menjadi pembicaraan para perempuan yang kelebihan berat badan. Banyak yang kecewa, namun tak seorang pun perempuan yang protes. Justru yang berhasil turun berat badannya, dengan cara yang diragukan, itulah yang dibicarakan di mana-mana.

Kenapa dengan cara yang diragukan? Karena pola diet masing-masing orang, tidaklah sama, tergantung pada kondisi tubuh dan kesehatannya. Dan secara logika, tentu ada aturannya untuk menurunkan berat badan, apalagi jika sudah terlanjur obesitas. Dan setelah itu, bagaimana agar penurunan itu tidak meningkat lagi alias berat badan “pulih” seperti semula?

Perlu diketahui, bahwa untuk menurunkan berat badan, selain harus melakukan olahraga teratur dan menjalani diet tertentu dengan mengatur asupan nutrisi yang benar, juga masih ada “embel-embel” lain yang harus dipatuhi. Berikut ini 11 “embel-embel” yang harus Anda jalani jika Anda ingin menurunkan berat badan secara permanen dengan tubuh tetap sehat.

  • Makanlah tidak hanya buah & sayur. Para ahli nutrisi masa kini pasti menasehatkan “Makanlah buah dan sayur, lebih banyak dari karbohidrat dan lainnya”. Sebenarnya anjuran ini bukan hal baru. Nenek moyang kita dulu makanannya juga lebih banyak sayur dan buah daripada daging. Jadi, bagaimana sebaiknya? Pelajarilah pengetahuan tentang gizi yang benar. Kemudian makanlah makanan sehat sesuai dengan kata hati nurani Anda. Tetapi ingatlah, sebaiknya makanlah makanan alami terutama sayur dan buah segar.
  • Anda perlu olahraga lebih sering dari yang Anda kira. The Center for Disease Control and Prevention di Amerika menganjurkan agar kita berolahraga selama 30 menit tiga kali dalam seminggu termasuk berkebun. Dengan kata lain, naik turun tangga, berjalan kaki ke pasar atau ke supermaket, atau berkebun merupakan cara yang baik untuk aktivitas yang menjaga kesehatan tubuh, namun jika ingin menurunkan berat badan secara serius, olahraga secara teratur dan konsisten harus dilakukan. Untuk mudahnya satu jam per hari setiap hari.
  • Satu pola tidak mungkin untuk setiap orang. Meskipun rencana dan anjuran diet selama ini dibuat seolah-olah cocok bagi setiap orang, namun jika menyangkut urusan penurunan berat badan, masalahnya menjadi sangat individual. Tidak mungkin satu macam diet dan satu jenis olahraga berlaku untuk setiap orang. Seorang anggota tim olahraga kemungkinan tidak menyukai olahraga perorangan, orang yang tidak biasa bangun pagi tentu tidak mudah melakukan latihan pagi rutin. Anjuran para ahli, temukan irama hidup, pola diet, dan jenis olahraga yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.
  • Tigapuluh menit jalan kaki tidak sama dengan sepotong kue brownie. Penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Dietetic Association, menyimpulkan bahwa olahraga memang membakar kalori tubuh selama dan sesudah aktivitas olahraga, namun bagi mereka yang kelebihan berat badan, kalori yang dibakar selama berolahraga tidak mungkin dapat menurunkan berat badan. Dengan kata lain, untuk menurunkan berat badan Anda harus mengurangi asupan kalori (dari pola makan) dan meningkatkan olahraga (jenis, frekuensi, konsistensi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s