Berpikir Lemot? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Bukan hanya tubuh yang membutuhkan latihan dan olahraga agar tetap terjaga kebugarannya. Otak Anda pun memiliki kebutuhan yang sama agar proses berpikir bisa lebih cepat dan terjaga tingkat kecerdasannya.
Berikut ini 5 hal yang bisa Anda lakukan agar proses berpikir Anda menjadi lebih cepat dan tidak lemot.

Ekspresikan Karya Seni
Seni adalah sumber latihan yang membantu meningkatkan bagian di otak yang bekerja mengekspresikan diri secara non-verbal. Seni membuat orang jadi kreatif, menggunakan keterampilan motorik halus dan berpikir analitis. Cobalah menggambar atau mendesain sesuatu seperti rumah, kamar, atau hal lain yang berhubungan dengan karya seni.

Jangan Gunakan Kalkulator
Jika perhitungan Anda mudah dan mendasar cobalah untuk tidak menggunakan kalkulator. Gunakan jari atau sempoa tradisional. Ini adalah cara yang sangat umum untuk menjaga otak tetap aktif berpikir.

Rajin Membaca
Membaca artikel, berita atau novel bisa membantu mempelajari istilah-istilah baru yang sebelumnya tidak pernah Anda dengar. Teknik ini akan membantu mempertajam memori dan memperbanyak “perpustakaan” kosakata otak Anda.

Cobalah Multitasking
Mengerjakan banyak pekerjaan sederhana dalam satu waktu (multitasking) juga dapat meningkatkan kemampuan otak seseorang. Meski terkadang membuat orang bingung, namun cara ini terbukti efektif untuk menjaga otak tetap “encer”.

Matikan GPS, Gunakan Peta
Anda sedang bepergian? Sebaiknya matikan dahulu GPS Anda dan bukalah peta tradisional milik Anda. GPS dirancang untuk memudahkan seseorang menemukan lokasi dan membuat orang kehilangan kemampuan berpikirnya. Sedangkan peta dapat membuat Anda tetap berpikir dan berimajinasi selama perjalanan ke tempat tujuan.
Imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga agar fungsi otak Anda tetap terjaga. G

About these ads

One response to “Berpikir Lemot? Atasi dengan 5 Cara Ini!

  1. wah yg agak susah itu soal kalkulator kayaknya :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s