Manfaat Tumbuhan Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kesehatan tubuh perlu selalu dijaga dan dirawat kesehatannya. Baik tubuh bagian luar maupun tubuh bagian dalam. Namun, tidak selamanya mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia baik untuk kesehatan tubuh kita. Sekali-kali, cobalah untuk mengkonsumsi obat-obat herbal yang terbuat dari tanaman obat yang ada disekitar kita. Selain lebih hemat, tanaman obat tradisional yang kita buat sendiri jauh lebih banyak khasiatnya. Berikut beberapa tamanam obat yang berkhasiat bagi kesehatan, kecantikan dan perawatan tubuh.

Khasiat Tomat

Selain memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, tomat ternyata juga mempunyai manfaat lain yang tak kalah penting. Buah tomat bisa kita pakai dan gunakan untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Seringkali para wanita tentunya selalu ingin tampil segar dan cantik dengan muka mulus bebas dari jerawat dan komedo. Caranya cukup mudah, buah tomat dibelah jadi dua lalu diusap-usapkan ke wajah yang berjerawat. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas sampai bersih. Buat tomat juga berkhasiat untuk menyembuhkan gusi berdarah dan mengatasi sakit perut.

 Khasiat Kumis Kucing

Tanaman yang mirip dengan kumis kucing menjadi ciri khas tanaman obat yang satu ini. Jangan melihat bentuknya, karena ternyata tanaman ini banyak manfaatnya dalam mengobati bermacam penyakit. Daun kumis kucing diteliti mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal. Khasiat kumis kucing ini adalah bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit seperti, infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

Khasiat Bawang Bombay

Bawang bombay adalah sebuah tanaman dua musim yang biasanya hanya dibudidayakan sebagai tanaman semusim. Dalam sebuah penelitian ternyata kandungan bawang bombay dapat menurunkan kadar kolesterol. Di dalam Bawang Bombay terdapat kandungan allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak asiri, quercitin, dan curcumin Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh bawang bombay dapat menekan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) hingga 30%, memperbaiki penyempitan pembuluh darah dan hipertensi, meredakan pilek, meredakan sakit perut, menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, mencegah pemecahan insulin di hati, merangsang produksi insulin oleh pankreas, dan menekan serangan osteoporosis. Bermanfaat sekali bukan?

Khasiat Bengkoang

Buah bengkoang adalah buah yang tumbuh subur di daratan Asia yang kaya akan sumber protein dan minyak benih yang digunakan dalam berbagai macam industri. Buah tropis yang satu ini sering dinikmati sebagai sajian lotis buah dan sebagai bahan pemutih beberapa alat kosmetik kecantikan wanita, seperti masker wajah dan lulur. Kandungan buah yang satu ini memang sudah banyak diakui oleh banyak orang sangat kaya sekali kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Tapi tahukah Anda bahwa bengkoang berkhasiat dalam menyembuhkan bisul dan menyembuhkan kecanduan napza. Bengkoang juga mengandung isoflavon yang berguna untuk menghambat penuaan dan mencegah kanker prostat bagi kaum laki-laki.

Khasiat Lidah Buaya

Penyakit Keputihan pada wanita jangan selalu dianggap remeh. Jika keputihan berlangsung lama, sebaiknya segera diobati. Keputihan pada wanita dapat pula menyebabkan kemadulan. Banyak dari para wanita tidak terlalu mengkhawatirkan keputihan. Lebih mengkhawatirkan lagi keputihan tidak mengenal apakah anda sudah menikah atau belum menikah. Salah satu pengobatan herbal atau tradisonal yang mudah ditemui untuk menyembuhkan keputihan adalah lidah buaya. Selain baik digunakan untuk kesehatan kulit kepala, lidah buaya juga baik untuk mencegah keputihan. Kupas kulit lidah buaya secukupnya, lalu dijus dan direbus bersama 30 gram sambiloto dengan air secukupnya. Minum airnya salagi hangat. Minum secara teratur 2 kali sehari.

Khasiat Rumput Teki

Siklus menstruasi pada wanita setiap bulannya selalu bersamaan dengan datangnya nyeri yang kadang dapat mengganggu aktivitas kita. Tenang, karena rumput teki mempunyai khasiat khusus untuk menyembuhkan nyeri tersebut. Secara empiris, teki telah lama digunakan masyarakat Cina dan India sebagai obat peluruh haid. Sebuah situs kesehatan menyebutkan bahwa sebuah penelitian di Cina menemukan secara tunggal maupun kombinasi, 6-9 gram rimpang rumput teki bisa membantu meringankan ketidakteraturan siklus haid serta meringankan sindrom pramenstruasi (PMS). Rimpang teki juga sering dipakai untuk meningkatkan nafsu makan, meredakan demam, dan meringankan penyakit hati. Di India digunakan sebagai produk perawatan rambut dan kulit. Kandungan minyak atsirinya digunakan sebagai parfum.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s