Cara Merawat Kuku Agar Cantik

Jangan meremehkan kuku, karena kondisi kuku mengindikasikan dan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Bagaimana merawat kuku secara alami agar kuku tampak cantik dan sehat?

Layaknya kulit yang membutuhkan kelembapan agar tetap sehat, kuku juga membutuhkan pelembab setiap harinya. Namun, menurut Jerry Aronberg, MD, ahli dermatologi dari Amerika Serikat, kuku tidak mampu menyerap jenis pelembap yang biasa digunakan untuk wajah dan kulit, karena kuku tersusun dari jenis protein yang sifatnya lebih tebal dan padat, karena itu dibutuhkan pelembap khusus bagi kuku.

Sayangnya banyak produk perawatan kuku, contohnya cat kuku, yang mengandung bahan kimia berbahaya yang justru dapat membuat kuku kering dan rusak. Karena itu, merawat kuku sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami. Selain mudah didapat, mudah digunakan, juga tidak menimbulkan efek samping.

Sehat luar dalam

Untuk menjaga kesehatan kuku, selain bisa dilakukan dari luar (dengan manikur dan pedikur), juga bisa dilakukan dari dalam tubuh melalui makanan. Kekurangan asupan protein akan membuat kuku mudah patah, permukaanya tidak rata, dan kering. Konsumsi sayuran berwarna hijau, kecambah (sprouts), serealia utuh (whole grains), atau makanan yang kaya akan silikon seperti rumput laut, bawang, brokoli, ikan, dan seafood sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku.

Kondisi kuku juga mencerminkan kesehatan tubuh. Ada indikasi-indikasi tertentu yang menunjukkan kuku tidak normal. Sebagai contoh, perhatikan nail bed (bagian jaringan tempat kuku melekat) apakah berwarna merah muda atau pucat. Warna merah muda menandakan kuku yang sehat dan Anda tinggal merawat kuku dengan baik. Tapi jika warnanya pucat, sebaiknya Anda waspada karena kemungkinan kesehatan Anda terganggu. Warna kebiruan pada pangkal kuku juga menandakan sirkulasi darah yang kurang lancar.

Bahan alami sahabat kuku

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa jadi pilihan Anda untuk merawat kuku:

Pepaya. Bermanfaat sebagai pelembut kutikula. Caranya, campurkan 2 sdm pepaya segar, 2 sdm jus nanas, 2 putih telur, dan ½ sdt cuka atau air jeruk lemon dalam wadah kecil. Rendam kuku Anda dalam campuran tersebut selama minimal 20 menit. Kemudian basuh kuku dengan air bersih dan keringkan.

Susu. Dapat melembutkan dan menghaluskan tangan dan kutikula. Siapkan 1-2 cangkir susu hangat. Tempatkan dalam wadah yang besarnya cukup untuk merendam telapak tangan. Rendam tangan selama 10-15 menit. Kemudian bersihkan dengan air, keringkan. Gunting kuku Anda dan dorong kembali kutikula dengan stik orangewood (stik kayu khusus untuk merawat kuku).

Minyak lavender. Lavender berperan sebagai antiseptik dan dapat membantu memulihkan kuku yang bergerigi sekaligus mencegah infeksi pada bantalan kuku (nail bed). Campurkan 2-4 tetes minyak lavender dengan air hangat dalam wadah yang cukup untuk merendam kuku. Rendam kuku selama sekitar 10 menit. Kemudian basuh kuku dengan air bersih dan keringkan.
Jeruk nipis. Berkhasiat menjaga keseimbangan pH kulit dan kuku sehingga kuku dan jari-jemari tidak kering dan rapuh. Caranya, belah dua sebuah jeruk nipis, gosokkan dengan gerakan memijat pada kuku, jari, dan tangan.

Minyak zaitun. Bermanfaat memperkuat kuku yang rapuh. Rendam kuku setiap hari, minimal lima menit dalam minyak zaitun hangat.

Cuka apel. Juga bermanfaat untuk memperkuat kuku. Rendam kuku selama minimal 5 menit dalam cuka apel untuk memperkuat kuku. Sebelum membubuhkan cat kuku, terlebih dahulu, oles kuku dengan cuka apel. Asamnya bisa membersihkan kuku, selain itu membuat cat kuku tahan lama.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s