Apa Bedanya Creambath, Hair Spa, Hair Mask

Creambath

Fungsi lain creambath adalah memberi vitamin untuk membantu menguatkan akar rambut dan menjaga kesuburan rambut. Dokter yang ditemui di Klinik Sakti Medika, Jakarta Selatan, ini juga memaparkan bahwa perawatan creambath mencakup pemijatan kepala. “Melalui pemi-jatan diharapkan vitamin yang terkandung di dalam krem masuk menembus pori-pori kulit kepala menuju akar rambut,” ujarnya. Efek lain yang diperoleh dari pemijatancreambath adalah kelancaran peredaran darah di kepala sehingga nutrisi rambut mudah diserap. Agar penyerapan maksimal, kepala diberi steam untuk membuka pori-pori kulit kepala.

Dalam creambath, pemijatan merupakan fokus utama. Selain untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan akar rambut, pemijatan juga akan merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu teknik pemijatan yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan. Teknik pemijatan yang baik adalah menggunakan ujung-ujung jari tangan. Posisikan jari-jari seolah-olah sedang memegang bola kecil, kemudian tekan kepala dengan lembut memakai gerakan memutar. Untuk merangsang folikel (tempat tumbuhnya rambut di kulit kepala), tarik lembut akar rambut. Ketuk-ketuk ringan kulit kepala dengan kepalan tangan. Terakhir, tekan bagian tengah kepala (mulai dari atas hingga bawah) menggunakan jari dengan gerakan memutar.

Hair spa

Hair spa agak sedikit berbeda dengan creambath. Selain pemijatannya lebih ringan, penggunaan steam juga tidak wajib.Steam dapat diganti dengan handuk panas agar penyerapan krem lebih maksimal.

Perawatan hair spa atau yang disebut creambath plus ini terfokus pada jenis formula yang terkandung dalam krem. “Biasanya untuk hair spa ada tambahan formula, umumnya serum, yang dicampurkan ke dalam krem,” lanjutnya. Serum tersebut berfungsi untuk memaksimalkan perawatan akar rambut agar tidak mudah rontok.

Hair mask

Untuk mengatasi rambut rapuh, kering dan pecah-pecah bisa dipakai hair mask (masker rambut). Begitu pula dengan rambut rusak akibat proses pelurusan, pewarnaan, dan penge-ritingan. Menurut Dr Tina, ketiga proses tersebut menjadi penyebab utama rambut rusak, begitu juga polusi udara. Hair mask ditujukan untuk rambut rusak dan menjadikan rambut lebih lembab.

Penggunaan hair mask lebih mudah dibandingkan creambath dan hair spa karena krem hanya dibalurkan pada rambut usai keramas. “Pemijatan dan penggunaan steam juga tidak dilakukan pada hair mask karena akan menambah kerontokan rambut,” ungkapnya. Efek lain dari hair mask adalah rambut tidak mudah patah-patah, tidak kering, dan menjadi lebih mengkilap. Bahan dasar hair mask yang berupa krem umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, seperti ginseng dan wortel.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, dokter yang sehari-hari praktik di RSCM ini menyarankan agar dilakukan perawatan creambath, hair spa, dan hair mask secara bergantian dengan selang waktu dua minggu.

Home treatment

Pada umumnya perawatan creambath, hair spa, dan hair mask dilakukan di salon. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah, terutama untuk hair spa dan hair mask. Hal ini karena tidak menekankan pada pemijatan dan penggunaan steam.

Sebelum melakukan hair spa, cuci bersih rambut Anda terlebih dahulu. Lalu, balurkan krem hair spa pada rambut hingga rata. Pijat ringan kepala Anda. Tutupi rambut dengan handuk panas usai pemijatan. Diamkan beberapa saat. Bilas rambut Anda hingga bersih.

Penggunaan hair mask di rumah tidak jauh berbeda dengan hair spa. Caranya, cuci rambut hingga bersih. Balurkan masker pada helai demi helai rambut Anda. Setelah merata, diamkan beberapa saat. Bilas kembali rambut Anda sampai bersih. Praktis bukan?

About these ads

4 responses to “Apa Bedanya Creambath, Hair Spa, Hair Mask

  1. thanks for infonya ya

  2. kalau hair mask di pakainya ke seluruh rambut apa hanya dari tengah2nya saja sampai ke bawah rambut ?

  3. hahaha… aku baru tahu loh,,,
    ketahuan klw jarang ke salon… wkwkwk

    nice post!

  4. pada pemakaian hair mask, bilasnya pake shampo lagi atau cukup pakai air aja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s